Bupati Rejang Lebong Pimpin Deklarasi Damai Pilkades 2020

Hijazi: Deklarasi Jangan Sebatas Lips Service

Advertorial  SENIN, 10 FEBRUARI 2020 , 18:59:00 WIB | LAPORAN: RIZKI MARDANI

Bupati Rejang Lebong Pimpin Deklarasi Damai Pilkades 2020

Ahmad Hijaz pimpin deklarasi damai Pilkades 2020/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Bupati Rejang Lebong, Ahmad Hijazi memimpin langsung deklarasi damai Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak gelombang III yang akan digelar pada 20 Februari nanti.

Pengukuhan deklarasi damai yang digelar oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) di gedung Balai Latihan Kesehatan Masyarakat (BLKM) Kelurahan Cawang Baru Kecamatan Cutup Timur itu diikuti oleh sebanyak 164 calon kepala desa di 56 desa. Dengan disaksikan langsung oleh Ketua DPRD Rejang Lebong, pejabat Polres, Kodim 0409 dan Kejaksaan Negeri Rejang Lebong.

Adapun point yang disampaikan Hijazi dan turut diucapkan oleh seluruh calon dalam deklarasi damai itu meliputi; siap melaksanakan Pilkades secara damai, jujur, bermartabat dan bertanggung jawab, kemudian mematuhi peraturan sesuai ketentuan dan tidak melanggar hukum.

Selanjutnya, siap menciptakan situasi kondusif, aman dan tertib serta menentang segala unsur sara, serta bertekad dan bersiap  menerima hasil Pilkades, dan terakhir dalam hal sengketa Pilkades diselesaikan sesuai mekanisme.

"Saya berharap janji yang diucapkan dalam deklarasi damai ini jangan hanya 'Lips Servis' saja, hanya diucapkan, tetapi harus dilaksanakan, siapapun yang terpilih nanti benar-benar untuk masyarakat desa," harap Hijazi dalam sambutannya, Senin (10/2).

Dirinya berharap, pada Pilkades gelombang ke III ini, seluruh piha terutama para calon untuk dapat menjaga situasi yang aman dan kondusif, serta dapat menjaga persatuan dan kesatuan.

Dia mengatakan, dalam Pilkades ini tidak ada istilah lawan yang ada hanya kawan, terlebih antara satu calon dengan calon lainnya dalam satu desa memiliki hubungan emosional baik secara kekerabatan maupun secara sosial.

"Himbauan khusus tadi saya sampaikan jaga kesatuan dan persatuan, jangan melakukan intervensi-intervensi,  jangan membuat polemik sebagaimana dalam deklarasi, damai jujur, jujur tidak Money politic, damai menjaga stabilitas," pesannya.

Sementara itu, Ketua DPRD Rejang Lebong, Mahdi Husen mengapresiasi deklarasi damai Pilkades tersebut, kegiatan tersebut menurutnya dapat menjadi contoh dalam melaksanakan Pilkada serentak 2020 nanti.

"Ini bisa menjadi contoh untuk Provinsi Bengkulu kedepan, bagaimana kita menciptakan Pilkades dengan rasa aman, jujur adil," ujarnya. [adv]


Ahmad Hijaz pimpin deklarasi damai Pilkades 2020

Para calon kepala desa dalam deklarasi damai Pilkades 2020

Bupati Rejang Lebong Ahmad Hijazi tandatangani kesepakatan damai Pilkades 2020
Ketua DPRD Rejang Lebong, Mahdi Husen Tandatangani kesepakatan Pilkades damai 2020


Komentar Pembaca
China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

SABTU, 04 APRIL 2020 , 07:39:00

Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

SABTU, 04 APRIL 2020 , 17:43:00