Bupati Kepahiang Apresiasi Penanaman Rumput Penahan Longsor

Daerah  SENIN, 10 FEBRUARI 2020 , 12:28:00 WIB | LAPORAN: AHMAD ANTONI

Bupati Kepahiang Apresiasi Penanaman Rumput Penahan Longsor
RMOLBengkulu. Bupati Kepahiang, Hidayattullah Sjahid, didampingi Waka Polres Kompol Rudi S, perwakilan TNI, Kepala BPBD Kepahiang, Taufik MD, berkumpul bersama dalam kegiatan penanaman bibit vetever pertama kali di Kabupaten Kepahiang. Senin (10/02).

Rumput vetiver yang biasa dikenal di indonesia dengan sebutan akar wangi dengan Nama asli dari tanaman ini adalah (Vetiveria zizanioides) atau usar (Vetiver nigritana),adalah sejenis rumput-rumputan yang berukuran besar.

Kepala BPBD Kabupaten Kepahiang, Taufik MD mengatakan, ”Bibit yang kita tanam sebanyak 750 batang. Tempo 6 bulan akan tumbuh 10 kali lipat. Harapan kedepan desa bisa memanfaatkan Vetiver ini untuk ditanam di tebing-tebing yang rawan longsor. Vetiver ini sedang ramai diperbincangkan dan viral. Penanaman bibit Vetiver di Kepahiang perdana di Provinsi Bengkulu, ini sesuai instruksi pak presiden,” tutur Taufik

Bupati KepahiangHidayattullah Sjahid,  siap membuat Perbub untuk desa menganggarkan pengadaan bibit Vetiver yang seharga Rp. 2000 per batang.

Inikan program nasional harus kita dukung dan kembangkan dalam rangka pencegahan bencana longsor, ini karya nyata, saya ingin ini dikembangkan. Karena akarnya sepanjang 3 sampai meter dengan kekuatan 1/6 kawat baja sangat kuat menahan tanah, dan mengapresiasi apa yang dilakukan Badan Penanggulangan Bencana Daerah,” ujar Bupati.

Sekilas tentang Vetiver, Vetiver System untuk mitigasi bencana longsor. Yang ditanam adalah bibit yang berbeda, Chrysophogon Zizaionides, dengan daun yang keras dan tegak lurus .Satu satunya tanaman yang akarnya serabut, namun berkekuatan 1/6 kawat baja adalah Vetiver System.

Secara Internasional sudah diakui oleh PBB dan World Bank untuk mitigasi bencana. Artinya sudah melalui puluhan riset dan sudah diuji di seluruh dunia.

Ada organisasinya, dibawah World Bank, yaitu TVNI
(The Vetiver Network International) dimana implementasi dari seluruh dunia dilaporkan dan dibahas disana. [ogi]

Komentar Pembaca