Memperingati HPN 2020 Tepat Pada Waktunya

Ekbis  MINGGU, 09 FEBRUARI 2020 , 16:09:00 WIB | OLEH: REDAKSI

Memperingati HPN 2020 Tepat Pada Waktunya

Ilham Bintang bersama Istri/Net

HARI ini, 74 tahun lalu: ketika tokoh tokoh pers yang notabene tokoh pergerakan Indonesia dari seluruh pelosok Tanah Air berkumpul di Solo. Tepatnya 9 Februari 1946.

Mereka membentuk organisasi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI).

Peristiwa bersejarah itu kemudian diabadikan Pemerintah Indonesia sebagai Hari Pers Nasion melalui Keppres 5/1985. Sejak itu, setiap tahun Hari Pers Nasional diperingati. Keppres itu bukan hanya mengabadikan pembentukan PWI pada 9 Februari 1946 di Solo, tetapi terutama sebagai penghormatan pemerintah kepada para tokoh pers yang notabene tokoh pergerakan di masa itu.

Itu cukup menjelaskan mengapa pers nasional sekaligus dinyatakan sebagai pendiri negara Indonesia. Wartawan masa itu berperan ganda, sekaligus sebagai aktivis pejuang pergerakan. Itu pula sebab wartawan selalu bangga dengan eksistensinya: Nasionalis dulu baru Jurnalis.

Adapun acara yang dihadiri Presiden RI Jokowi Sabtu ( 8/2) adalah dalam rangka memeriahkan rangkaian acara perayaan HPN di Banjarmasin 2020, 7-9 Februari.

Puncak acara HPN 2020 sendiri dilaksanakan Minggu (9/2) ini pukul 09.00 di Gedung Mahligai Pancasila, Banjarmasin.

Saya dan istri, presenter Rahma Sarita, kameramen Irfan Firdaus, dosen UIN Ika Irayana, dan wartawan dari rekan-rekan wartawan dari Sumatera Utara mengawali peringatan itu di hari yang tepat, Minggu (9/2) pagi di Pasar Terapung di Sungai Martapura. Menyaksikan ketangguhan para pedagang menjajakan dagangannya.

Spiritnya luar biasa. Tampaknya tidak goyah oleh resesi ekonomi global. Dirgahayu Pers Indonesia.

Ketua Dewan Kehormatan PWI Pusat.
Naskah dimuat pertama kali di halaman Facebook penulis.


Komentar Pembaca