Bawaslu Butuh 104 Panwaslu Tingkat Desa Dan Kelurahan

Daerah  MINGGU, 09 FEBRUARI 2020 , 16:02:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

Bawaslu Butuh 104 Panwaslu Tingkat Desa Dan Kelurahan

Jefriyanto/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Lebong, membutuhkan sedikitnya 104 anggota penitia pengawas pemilihan umum (panwaslu) tingkat desa dan kelurahan di seluruh Kabupaten Lebong.

Ketua Bawaslu Lebong, Jefriyanto mengatakan, pihaknya akan segera membuka pengumuman pendaftaran panwaslu tingkat desa dan kelurahan yang dimulai dari tanggal 10 hingga 16 Februari 2020 mendatang.

Sedangkan, pendaftaran dan penerimaan berkas, kelengkapan berkas persyaratan administrasi, pemeriksaan keabsahan dan legalitas, hingga pelaksanaan tes wawancara, dijadwalkan dari tanggal 16 hingga 22 Februari 2020 mendatang.

Hanya saja, proses perekrutan Panwaslu di kelurahan dan desa ini akan dilaksanakan oleh Panwas Kecamatan alias Panwascam wilayah masing-masing.

"Perekrutan dilakukan oleh Panwaslu. Tiap kelurahan dan desa akan ditempatkan satu orang Panwaslu," kata dia, Minggu (9/2) siang.

Dia mengutarakan, pengawas tingkat desa dan kelurahan sendiri dalam Pilkada tahun 2020 ini. Mereka turut membantu proses pengawasan yang dilakukan oleh panwascam. Setidaknya, ada beberapa hal yang menjadi tugas panwaslu di tingkat desa dan kelurahan nantinya.

Misalnya, seperti pemuktahiran data pemilih berdasarkan data kependudukan dan penetapan Daftar Pemilihan Sementara (DPS), Daftar Pemilihan Hasil Perbaikan (DPHP), dan Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Kemudian, pelaksanaan kampanye, perlengkapan dan pemilihan pendistribusian, hingga pelaksana pemungutan suara, dan proses penghitungan suara di setiap TPS.

"Besok pengumuman persyaratan disampaikan Panwascam wilayah masing-masing, dan di halaman resmi Bawaslu Lebong. Pendaftaran dan penyerahan berkas harus diserahkan di Sekretariat Panwascam," tuturnya. [tmc]



Komentar Pembaca