Sebelum Ikut Sensus Penduduk 2020, Cek Datamu Disini

Daerah  JUM'AT, 07 FEBRUARI 2020 , 19:12:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

Sebelum Ikut Sensus Penduduk 2020, Cek Datamu Disini

Sriwiyana Teguh Ananto/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Ini informasi penting bagi warga Kabupaten Lebong, saat hendak mengikuti sensus penduduk secara online (SPO), yang dijadwalkan pada tanggal 15 Februari hingga 31 Maret 2020 mendatang.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Lebong, Sriwiyana Teguh Ananto mengatakan, warga bisa cek langsung apakah NIK dan No KK di dalam database masing-masing, bisa berpartisipasi di Sensus Penduduk Online atau tidak.

"BPS menyediakan fasilitas cek keberadaan melalui laman sensus.bps.go.id/cek yang dapat dimanfaatkan untuk memeriksa terlebih dahulu keberadaan seseorang di dalam database," kata Teguh, Jum'at (7/2) siang.

Dia menuturkan, melalui laman yang sudah disiapkan BPS akan menentukan apakah yang bersangkutan dapat berpartisipasi di Sensus Penduduk Online atau justru sebaliknya.

Sebab, laman cek NIK menjadi bagian dari alur Sensus Penduduk Online.  Bahkan, laman itu akan dinonaktifkan pada tanggal 14 Februari 2020 mendatang.

"Silakan siapa saja cek keberadaan keluarga bapak/ibu melalui tautan sensus.bps.go.id/cek dengan login menggunakan nomor NIK dan KK. Apabila telah terdaftar, silakan mengikuti Sensus Penduduk Online pada tanggal 15 Februari s.d 31 Maret 2020. Apabila belum terdaftar, petugas BPS akan mendatangi kediaman pada tanggal 1 hingga 31 Juli 2020 untuk didata," jelasnya.

Dia menyatakan, menyadari perkembangan teknologi dan pergeseran pola hidup Masyarakat, BPS menyediakan fasilitas sensus penduduk secara online.

"Bagi masyarakat yang berada di area blank spot, ataupun mengalami beragam kendala dalam pelaksanaan sensus penduduk online tidak perlu khawatir, sebab kami juga akan melaksanakan sensus penduduk secara langsung melalui kedatangan petugas dari rumah ke rumah pada bulan Juli mendatang," tuturnya. [tmc]



Komentar Pembaca