Gaji Kades Dan Perangkat Naik

Daerah  JUM'AT, 07 FEBRUARI 2020 , 07:03:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

Gaji Kades Dan Perangkat Naik

Reko Haryanto/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Gaji atau penghasilan tetap (siltap) kepala desa (kades) dan perangkat desa hingga dusun (kadus) di Kabupaten Lebong, resmi naik tahun 2020 ini.

Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Sosial (PMDS) Kabupaten Lebong, Reko Haryanto menjelaskan, besaran siltap untuk bagiannya akan berbeda-beda.

Adapun gaji kepala desa akan setara 100 persen dengan gaji golongan IIA, sekretaris desa 90 persen dari golongan IIA, dan perangkat desa hanya 80 persen dari gaji golongan IIA.

"Kenaikan bervariasi, tapi setara dengan gaji PNS golongan IIA. Untuk nominalnya belum final. Yang jelas akan disesuaikan dengan kemampuan daerah masing-masing,” jelas dia.

Ditambahkan Reko, pihaknya akan mengadakan rapat lintas sektor terkait dengan Siltap tersebut. Terutama untuk meminta petunjuk angka siltap sekalipun pihaknya tidak bisa memutuskan sendiri.

"Kami akan ada pertemuan, kami mohon petunjuk dengan Sekda," sampainya.

Ia berharap dengan kenaikan siltap ini lebih meningkatkan kinerja perangkat desa. Selain itu, lebih cepat dan tertib dalam administrasi. Tak kalah penting, bisa mencegah adanya praktik menyimpang, sehingga mengarah ke pidana. [tmc]






Komentar Pembaca