Mulai 15 Februari, Warga Lebong Diminta Ikuti Sensus Penduduk

Daerah  KAMIS, 06 FEBRUARI 2020 , 18:12:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

Mulai 15 Februari, Warga Lebong Diminta Ikuti Sensus Penduduk

Sriwiyana Teguh Ananto/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Lebong, bakal menggelar sensus penduduk secara online mulai dari tanggal 15 Februari hingga 31 Maret 2020.

Untuk mewujudkan hajatan besar ini, BPS setempat, meminta masyarakat agar dapat mengisi data kependudukan melalui laman sensus.bps.go.id.

"Untuk sensus penduduk online ini, masyarakat diminta partisipasi aktif mencatatkan sendiri secara mandiri data kependudukannya. Itu nanti melalu web sensus.bps.go.id,” kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Lebong, Sriwiyana Teguh Ananto, Kamis (6/2) siang.

Teguh sapaan akrabnya menyatakan, tidak semua masyarakat melek teknologi. Bagi masyarakat yang tidak terdata pada saat sensus online, akan didatangi ke rumah oleh petugas BPS.

"Masyarakat yang tidak tertangkap pada bulan Februari sampai Maret, akan didatangi oleh petugas BPS pada bulan Juli,” jelasnya.

Masih kata Teguh, sensus penduduk dengan metode wawancara langsung kepada masyarakat yang akan dilaksanakan mulai 1 sampai 31 Juli 2020.

Ia menyatakan tujuan utama sensus penduduk 2020 nanti untuk menyediakan data jumlah, komposisi, distribusi, dan karakteristik penduduk Indonesia menurut de facto dan de jure.

Sebab, data hasil sensus tersebut akan menjadi dasar dan tolak ukur berbagai instansi pemerintah baik di tingkat pusat dan daerah untuk menentukan kebijakan yang mengarah kepada masyarakat.

"Kita sosialisasikan pelaksanaan sensus penduduk 2020 agar seluruh penduduk Lebong tahu dan sehingga bisa mendukung dan mensukseskan kegiatan tersebut," demikian Teguh. [tmc]



Komentar Pembaca