Jelang Pilkada, 1.070 Warga Belum Perekaman KTP-el

Politik  KAMIS, 06 FEBRUARI 2020 , 07:24:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

Jelang Pilkada, 1.070 Warga Belum Perekaman KTP-el

Kadis dukcapil saat menyambangi Kantor KPU, Rabu (5/2) kemarin/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 belum semua warga Kabupaten Lebong melakukan perekaman KTP elektronik alias KTP-el. Ribuan orang belum perekaman data sehingga terancam tak bisa menyalurkan hak pilih.

Kadis Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Lebong, Elva Mardiana mengungkapkan, setidaknya ada 1.070  warga di Kabupaten Lebong yang belum mempunyai atau belum melakukan perekaman identitas kependudukannya.

"Berdasarkan laporan reguler per tanggal 27 Januari, dari jumlah wajib KTP 76.324 jiwa penduduk. Sebanyak 1.070 di antaranya belum melakukan perekaman atau belum memiliki KTP-el," ungkapnya, Rabu (5/2) siang.

Meski begitu, Elva belum bisa memastikan warga kecamatan mana yang paling banyak belum melakukan perekaman. Dipastikannya, ribuan data tersebut didominasi para pemilih pemula yang bertambah usia alias sudah wajib mengantongi KTP-el.

Menurutnya, Dukcapil Lebong akan segera melakukan pemetaan wilayah yang warganya masih belum melakukan perekaman KTP-el.

"Rencananya dalam waktu dekat kita akan melakukan program jemput bola turun langsung ke sekolah-sekolah dan wilayah yang belum perekaman identitas," demikian Elva. [tmc]





Komentar Pembaca