Bisa Bahasa Rejang, Gratis Masuk Wisata Suban Air Panas

Daerah  SELASA, 04 FEBRUARI 2020 , 13:26:00 WIB | LAPORAN: RIZKI MARDANI

Bisa Bahasa Rejang, Gratis Masuk Wisata Suban Air Panas

Objek Wisata Suban Air Panas Curup/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Pengelola objek wisata Suban Air Panas Kecematan Curup Timur menggratiskan tiket masuk bagi masyarakat Rejang Lebong yang bisa berbahasa Rejang.
"Kami menggratiskan tiket masuk ke Suban Air Panas bagi pengunjung yang bisa berbahasa Rejang," kata Pengelola wisata Suban Air Panas, Surya ST kepada awak media.

Digratiskan tiket masuk bagi pengunjung yang bisa berbahasa Rejang itu menurut Surya yang juga sebagai Waka I DPRD Rejang Lebong, sebagai salah satu bentuk kepedulian dirinya terhadap pelestarian bahasa daerah, dengan begitu dapat memicu generasi muda didaerah itu untuk tidak malu menggunakan bahasa daerah.

Namun syarat gratis masuk itu hanya dikhususkan untuk warga yang memiliki garis keturunan Suku Rejang.

Berdasarkan pengamatan dirinya, generasi muda daerah itu khususnya yang benar-benar keturunan suku Rejang tidak sedikit yang tidak bisa berbahasa Rejang, dirinya merasa miris dengan kondisi tersebut.

"Saya merasa miris dengan kondisi itu, bagaimana kita bisa melestarikan adat budaya daerah jika dari segi bahasa saja tidak bisa," sesalnya.

Dia menambahkan, suku Rejang merupakan salah satu suku tertua di Indonesia yang memiliki bahasa, budaya, adat dan aksara sendiri, berupa Aksara Kaganga, untuk itu penting bagi generasi muda untuk tetap menjaga dan melestarikan budaya daerah.

Selain itu, sebagai Waka I DPRD, dirinya juga telah mendorong seluruh sekolah melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Rejang Lebong agar guru yang membidangi kurikulum muatan lokal dapat memberikan pelajaran lebih kepada siswa terkait budaya Rejang. [ogi]


Komentar Pembaca