Wabup Kunjungi Pasien Terkena DBD Di Ipuh

Daerah  SENIN, 03 FEBRUARI 2020 , 19:53:00 WIB | LAPORAN: RISNA JULIYANA HUTASOIT

Wabup Kunjungi Pasien Terkena DBD Di Ipuh

Wabup Kunjungi Pasien DBD Di Ipuh/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko menyatakan bahwa puluhan masyarakat dari berbagai wilayah positif terkena Demam Berdarah Dengue (DBD) dan ratusan warga suspect atau diduga terkena DBD.

Pihak Dinas Kesehatan juga saat ini tengah melakukan Foging dibeberapa wilayah yang warganya positif terkena DBD.

Salah satu wilayah yang banyak warganya terkena DBD, yakni di wilayah Kecamatan Ipuh. Wakil Bupati Mukomuko, Haidir kemarin berkunjung ke Puskemas Ipuh. Menurutnya ada 8 orang yang sedang dirawat karena terjangkit Demam Berdarah Dengue.

"Iya kemarin saya berkunjung ke Puskesmas Ipuh. Ada 8 pasien yang dirawat karena terjangkit DBD ," ungkap Haidir saat dikonfirmasi.

Wabup mengatakan, dengan banyaknya masyarakat yang terkena DBD dibeberapa wilayah di Kabupaten Mukomuko. Diharapkan masyarakat selalu menjaga kebersihan lingkungan dan rumah untuk mencegah datangnya nyamuk DBD ini.

"Selalu jaga kebersihan baik rumah dan lingkungan, bersihkan aliran selokan  dan hal-hal yang bisa menjadi sarang nyamuk agar terhindar dari gigitan nyamuk DBD. Karena nyamuk DBD ini tidak akan singgah ke tempat yang bersih," himbaunya.

Dari kunjungan yang telah dilakukan Wabup para pasien dan keluarga mengungkapkan sempitnya ruangan di Puskesmas Ipuh dan perlu adanya perbaikan dan bisa menjadikan puskesmas ini lebih besar atau naik status menjadi rumah sakit.

"Banyak yang menyampaikan kalau Puskesmas Ipuh ini agar dijadikan rumah sakit. Ini menjadi bahan  kami (Pemkab,red) agar berupaya Puskesmas ini naik jadi rumah sakit. Kalau dilihat dari jarak tempuh yang jauh antara Puskesmas Ipuh ke RSUD Mukomuko memang sudah selayaknya di Ipuh ini ada rumah sakit sehingga seperti wilayah lainnya seperti Malin Deman, Air Rami bisa  kesini dan tidak perlu memakan waktu banyak jika hendak ke Rumah Sakit," demikian Wabup. [tmc]

Komentar Pembaca