Objek Wisata Air Terjun Talang Buai Mulai Dikelola BUMDes

Daerah  SELASA, 28 JANUARI 2020 , 16:39:00 WIB | LAPORAN: RISNA JULIYANA HUTASOIT

Objek Wisata Air Terjun Talang Buai Mulai Dikelola BUMDes

Objek Wisata Air terjun Talang Buai mulai dikunjungi banyak wisatawan/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Mukomuko, Apriansyah menyebutkan bahwa baru satu objek wisata air terjun di Kabupaten Mukomuko yang terdata masuk wilayah Kabupaten Mukomuko yakni air terjun yang terletak di Desa Talang Buai, Kecamatan Selagan Raya dan saat ini objek wisata tersebut sudah di kelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) desa setempat.

"Kalau dari data yang kita miliki yang benar-benar tidak ada masalah dan memang sudah masuk didaerah kita baru satu objek wisata air terjun yakni air terjun di Desa Talang Buai. Air terjun di talang buai saat ini sudah dikelola BUMDes desa setempat. Tahun ini mulai menata dan masih sifatnya pembenahan sesuai arahan dari kita. Sedangan penarikan retribusi belum dilakukan," ungkap Apriansyah saat dikonfirmasi .

Sedangkan untuk objek wisata air terjun lainnya, Apriansyah belum bisa memastikan itu masuk kedalam HPT atau tidak.

"Kalau air terjun Sikai itu beberapa ratus meter sebelum ke air terjun sudah ada papan merek itu masuk kawasan HPT. Untuk air terjun mandi angin tidak ada plang merek namun disekitar lokasi ada kebun masyarakat. Kalau itu masuk wilayah Mukomuko atau bukan kita belum berani memastikan," ucapnya.

Apriansyah mengakui bahwa air terjun di talang buai sering dikunjungi oleh masyarakat. Selain itu juga wilayah tersebut selalu tumbuh bunga bangkai sehingga daya tarik objek ini selalu diminati oleh masyarakat.

"Banyak masyarakat yang datang ke air terjun talang buai. Dan banyak masyarakat yang update di media sosial terkait objek ini. Dari update di media sosial yang dilakukan masyarakat ini juga salah satu mempromosikan wisata yang ada di Kabupapten Mukomuko sehingga bisa memperkenalkan kepada khalayak banyak," pungkasnya. [ogi]


Komentar Pembaca