Corona Bisa Diatasi Dengan Obat HIV? Begini Tanggapan Kemenkes

Nusantara  SELASA, 28 JANUARI 2020 , 08:31:00 WIB | LAPORAN: OGI MANSYAH

Corona Bisa Diatasi Dengan Obat HIV? Begini Tanggapan Kemenkes

Pasien virus corona di China/Net

RMOLBengkulu. Wabah virus novel corona, 2019-nCoV semakin ganas. Untuk mengobati orang-orang yang terpapar virus mematikan ini, banyak hal dilakukan.

Salah satu informasi yang tersebar adalah dengan mengonsumsi obat-obat penurun panas hingga HIV/AIDS. Menanggapi berbagai informasi yang bermunculan, Kementerian Kesehatan RI belum bisa memastikan apakah obat-obatan tersebut memang efektif untuk mengatasi virus corona.

"Sampai saat ini WHO belum bisa memastikan karakter virus ini," ujar Sekretaris Ditjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (Sesditjen P2P) Kementerian Kesehatan (Kemenkes RI), Achmad Yurianto di kantor Kementerian Luar Negeri, Jalan Pejambon, Jakarta, Senin (27/1).

Sehingga, menurut Achmad, virus corona belum bisa dianalogikan dengan virus-virus lain. Bahkan dalam hal penanganannya tidak bisa disamakan dengan penderita HIV/AIDS.

"Karena takutnya sangat mahal dan tidak efektif, sehingga kami tidak merekomendasikan apalagi ini kan hanya untuk yang positif," tutupnya. dilansir RMOL.ID. [ogi]




Komentar Pembaca