Gempar Virus Corona, Dinkes Ingatkan Lagi Pesan Tujuh Germas

Daerah  SELASA, 28 JANUARI 2020 , 03:00:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

Gempar Virus Corona, Dinkes Ingatkan Lagi Pesan Tujuh Germas

Rachman/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Bak virus Corona yang sedang mewabah di negeri tirai bambu (RRC), menjadi sorotan seluruh penjuru dunia. Sebab, virus ini menelan banyak korban di Wuhan, China.

Hingga saat ini, belum ditemukan obat atau vaksin untuk mengatasi penyakit dari virus tersebut. Kabarnya, virus corona menyerang saluran pernapasan atas ringan hingga sedang, mirip dengan flu biasa.

Menanggapi kabar tersebut, Kadis Kesehatan Kabupaten Lebong, Rachman, mengingatkan lagi pentingnya menjalani tujuh Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di daerah itu. Meskipun Lebong belum terpapar penyakit berbahaya tersebut.

"Di Lebong aman. Walaupun begitu kita harus tetap waspada. Kami mengajak kerja sama lintas sektor dan lintas program mewujudkan masyarakat berperilaku hidup sehat. Tujuh pesan Germas misalnya," ujar Rachman, Senin (27/1) siang.

Ketujuh Germas tersebut yakni,  pertama melakukan aktivitas fisik sekitar 10 hingga 15 menit, kedua mengkonsumsi buah dan sayur-sayuran, ketiga memeriksa kesehatan secara rutin pada pusat pelayanan kesehatan warga setempat.

Kemudian, tidak merokok atau berhenti merokok, kelima biasakan membersihkan lingkungan sekitar maupun rumah pribadi, keenam menggunakan jamban sehat dan terakhir tidak mengkonsumsi alkohol.

"Pada prinsipnya pola tujuh Germas untuk diri kita sendiri. Kami pun terus berupaya membudayakan perilaku hidup bersih dan sehat pada masyarakat, mulai dari lingkungan keluarga,” demikian Rachman. [tmc]



Komentar Pembaca