KPU Bakal Verifikasi Data Kepengurusan Parpol Tingkat Pusat

Politik  SENIN, 27 JANUARI 2020 , 19:06:00 WIB | LAPORAN: RIZKI MARDANI

KPU Bakal Verifikasi Data Kepengurusan Parpol Tingkat Pusat

Sosialisasi tahapan dan pencalonan Pilbup oleh KPU Rejang Lebong/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Rejang Lebong bakal melakukan verifikasi terhadap nama-nama struktur kepengurusan partai politik (Parpol) dari tingkat pusat.

"Nanti ada mekanisme dimana KPU akan meminta seluruh nama struktur pengurus partai politik dari tingkat pusat hingga pusat daerah," kata Visco usai kegiatan sosialisasi tahapan dan pencalonan Pilbup yang digelar disalah satu hotel di Rejang Lebong, Senin (27/1).

Dia menjelaskan, KPU hanya akan menerima kepengurusan yang diakui oleh partai tingkat pusat, sehingga nama-nama yang masuk struktur kepengurusan ditingkat pusat akan menjadi dasar dan pedoman KPU untuk menyatakan sah atau tidaknya mengusung calon tertentu.

"Nanti akan Juknis baru terkait hal itu, sampai sejauh ini kita belum menerima, sehingga KPU belum meminta kepada partai politik karena memang belum sampai pada tahapannya," imbuh Visco.

Terkait dengan dualisme yang terjadi ditubuh DPD PAN Rejang Lebong, dia menegaskan KPU hanya mengundang kegiatan sosialisasi itu kepada PAN bukan mengundang pimpinan PAN, karena permasalahan dualisme itu terjadi di interen PAN.

Sementara itu, terkait dengan sosialisasi yang turut dihadiri oleh seluruh Komisioner KPU Rejang Lebong tersebut dijelaskan dia bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masing-masing peserta Pilkada termasuk Parpol terkait dengan proses dan tahapan Pilbup 2020, mulai dari pencalonan, mekanisme hingga tahapan pendaftaran. [tmc]

Komentar Pembaca