Bengkulu Diiringi Hujan Dan Petir, Masyarakat Diminta Waspada

Nusantara  JUM'AT, 24 JANUARI 2020 , 19:40:00 WIB | LAPORAN: TRI YULIANTI IMRAN

Bengkulu Diiringi Hujan Dan Petir, Masyarakat Diminta Waspada

Kepala BMKG, Kukuh Ribudianto/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Memasuki musim penghujan ini, masyarakat diminta untuk hati-hati sekaligus tetap waspada dengan dampak hujan yang disertai angin dan petir di wilayah Provinsi Bengkulu beberapa hari kedepan.

Data RMOLBengkulu, update peringatan dini cuaca provinsi Bengkulu tanggal 24 Januari 2020 pukul 18.00 WIB, masih berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang dan lebat disertai guntur dan angin kencang di beberapa daerah di Provinsi Bengkulu

Diantaranya, Kabupaten Mukomuko di Teramang Jaya, Pondok Suguh, Sungai Rumbai, Malin Deman, Mukomuko Selatan,  dan Penarik. Untuk Kabupaten Bengkulu Utara ada di daerah Marga Sakti Sebelat, Napal Putih, Pinang Raya, Ulok Kupai, dan Giri Mulya.

Sedangkan untuk di Kabupaten Lebong, yaitu di Pinang Belapis. Lalu, Kabupaten Rejang Lebong di daerah Kampung Melayu, Curup, Selupu Rejang. Untuk Kabupaten Bengkulu Tengah berada di Merigi Sakti, Bang Haji, Pagar Jati, Merigi Kelindang, Karang Tinggi, Pondok Kubang, dan Talang Empat.

Kota Bengkulu sendiri di daerah yang diguyuri hujan, yaitu Muara Bangkahulu, Sungai Serut, Teluk Segara, Ratu Samban, Ratu Agung, Gading Cempaka, Selebar, dan Kampung Melayu.

Kemudian Kabupaten Seluma di Sukaraja, Air Periukan, Seluma, Seluma Barat, Seluma Selatan. Terakhir, Kabupateb Kaur di Padang Guci Hulu, kaur Utara, Kinal, Muara Sahung, Luas, Tetap, Kaur Selatan, Maje, Nasal, Semidang Gumai

Namun potensi hujan ini juga dapat meluas di sebagian wilayah Kabupaten Mukomuko di Air Rami, Bengkulu Utara di Putri Hijau, Ketahun dan Batik Nau, Bengkulu Tengah  di Pondok Kelapa, Lebong bagian Timur, Kepahiang dan Kaur di Padang Guci Hilir, Kelam Tengah, Lungkang Kule, Tanjung Kemuning, serta Kaur Tengah. Kondisi ini diperkirakan masih akan berlangsung hingga pukul 20.00 WIB.

Kepala Badan Stasiun Klimatologi  Bengkulu, Kukuh Ribudianto menyampaikan, pada bulan Januari akhir dan awal Februari diprediksi Bengkulu akan tetap masuk musim penghujan.

"Sekarang kan musim hujan, kita prediksi puncak musim hujan di Bengkulu ini bulan Januari-Februari, yang mana frekuensi hujannya menjelang akhir januari ke awal februari semakin meningkat," kata Kukuh Ribudianto, Jumat (24/1) kepada RMOLBengkulu.

Lalu, untuk kondisi hujan dengan potensi rendah berada bulan April hingga Juli. Setelah itu, baru akan memasuki musim kemarau panjang.

"Angin di musim sekarang ini lebih cendrung ke transisi atau hujan-hujan lokal, angin yang disebabkan oleh awan Awan kumulonimbus. Dan inilah hujan yang potensinya cukup besar di Bengkulu. Maka perlu diwaspadai," tutup Kukuh. [tmc]


Komentar Pembaca