Tahapan Pilkada Mulai Berjalan, Bawaslu Ingatkan Netralitas ASN

Daerah  JUM'AT, 24 JANUARI 2020 , 18:59:00 WIB | LAPORAN: SANDRI

Tahapan Pilkada Mulai Berjalan, Bawaslu Ingatkan Netralitas ASN

Azes Digusti/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) kabupaten Bengkulu Selatan (BS) mengimbau, kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk tetap netral dalam proses tahapan pemilihan kepala daerah (Pilkada) yang saat ini tengah berangsur jalan.

Terlebih lagi pada pemungutan suara yang dijadwalkan pada tanggal 23 September mendatang. Sekaligus petahana dikabakar akan maju, dikhawatirkan bakal menggangu netralitas ASN.

"Ya surat himbauan sudah kita sampaikan, kita berharap seluruh ASN di BS tetap netral dalam tahun politik ini," kata Azes Digusti (etua Bawaslu BS kepada RMOLBengkulu, Jumat (24/01) siang.

Dia menjelaskan, aturan ASN harus netral itu sebagaimana tertuang dalam Undang-undang Nomor 5 tahun 2014 tentang ASN, dan PP Nomor 53 tahun 2010 tentang Dispilin dan Kode Etik ASN.

"Dalam aturan itu ASN tidak boleh melakukan politik praktis, membuat kebijakan yang dapat menguntungkan atau merugikan salah satu kontestan hingga masuk dalam struktur tim kampanye, memasang spanduk atau baliho yang mempromosikan salah satu calon," imbuhnya.

Selain itu, Azes meminta kepada masyarakat untuk bersama-sama mengawasi keterlibatan ASN pada tahun politik ini. Bahkan, jika ada ASN dan terbukti melakukan pelanggaran pihaknya akan menindak lanjuti dengan melaporkan ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

"Pengawasan netralitas ASN ini sudah kita mulai, bagi terbukti ada yang melanggar akan segera kita sampaikan ke KASN untuk menindaklanjutinya,  bahkan tidak kemungkinan sanksi pemberhentian dari profesi sebagai ASN akan terjadi," pungkasnya. [tmc]

Komentar Pembaca