Ratusan Pelamar PPK Di Rejang Lebong Dipastikan Tidak Lulus

Daerah  JUM'AT, 24 JANUARI 2020 , 18:02:00 WIB | LAPORAN: RIZKI MARDANI

Ratusan Pelamar PPK Di Rejang Lebong Dipastikan Tidak Lulus

Pantian penerimaan berkas pendaftaran/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Hingga hari terakhir tahap pendaftaran, jumlah pelamar Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Rejang Lebong mencapai 474 orang.

Dari jumlah tersebut dipastikan lebih dari 300 pelamar tidak akan lulus seleksi lantaran jumlah PPK yang dibutuhkan untuk 15 kecamatan hanya sebanyak 75 orang saja.

"Hingga hari terakhir masa pendaftaran jumlah total pendaftar mencapai 474 orang, dari jumlah ini nantinya akan diseleksi menjadi 75 orang," kata Koordinator Divisi Sosialisasi dan SDM KPU Rejang Lebong, Ujang Maman dikonfirmasi RMOLBengkulu, Jumat (24/1).

Usai ditutupnya masa pendaftaran, tahap selanjutnya yakni seleksi administrasi yang dilaksanakan selama tiga hari sejak 25 hingga 28 Januari.

Sejumlah poin dalam seleksi administrasi itu dibenerkan dia diantaranya, keterlibatan di partai politik yang di cek melalui data Sistem Informasi Politik (Sipol), kemudian usia pelamar hingga periodesasi PPK, dimana menurutnya seseorang tidak boleh menjadi PPK dalam dua periodesasi berturut.

"Bagi yang dinyatakan lulus seleksi administrasi nantinya akan melanjutkan ketahap selanjutnya yakni tes tertulis yang akan dilaksanakan pada tanggal 30 Januari 2020," imbuhnya.

Dari hasil tes tertulis itu nantinya, panitia akan menyeleksi 10 besar untuk dapat mengikuti tes wawancara, yang artinya jumlah peserta yang bakal mengikuti tahap wawancara sebanyak 150 orang.

Tes wawancara nantinya, ditambahkan Ujang, akan dilakukan oleh lima Komisioner KPU perbandingan 5:1, yakni lima Komisioner akan mewawancarai satu orang, dari hasil seleksi wawancara itu hanya 75 orang yang akan dinyatakan lulus menjadi PPK.

"Tes wawancara nanti akan dilakukan langsung oleh 5 Komisioner KPU, tempatnya di kantor KPU Rejang Lebong," pungkasnya. [tmc]

Komentar Pembaca
Negatif Corona, WNI Crew Kapal Diamond Princes Minta Dievakuasi
Gedung DPR Kebakaran

Gedung DPR Kebakaran

SENIN, 24 FEBRUARI 2020 , 13:55:07

30 Tahun MURI, Bakti Sosial ke Kampung Sumur

30 Tahun MURI, Bakti Sosial ke Kampung Sumur

SELASA, 11 FEBRUARI 2020 , 11:44:12

Bunga Kibut Tumbuh Diperkebunan Warga

Bunga Kibut Tumbuh Diperkebunan Warga

MINGGU, 23 FEBRUARI 2020 , 11:40:00