Ratusan Pelamar PPK KPU Kota Dipastikan Gugur Seleksi

Pemerintah Kota Bengkulu  JUM'AT, 24 JANUARI 2020 , 06:15:00 WIB | LAPORAN: AJI FAISAL

Ratusan Pelamar PPK KPU Kota Dipastikan Gugur Seleksi

Ketua KPU Kota Bengkulu, Martawansyah/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 di Bengkulu sudah resmi dimulai. Saat ini seluruh kabupaten/kota di Provinsi Bengkulu sedang rekrutmen Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), termasuk KPU Kota Bengkulu.

Ketua KPU Kota Bengkulu, Martawansyah mengungkapkan, bahwa antusias masyarakat yang ingin bergabung menjadi PPK di Kota Bengkulu cukup tinggi.

Hal tersebut dapat dilihat dari data terakhir, hingga hari ini sudah 332 pelamar PPK yang mengembalikan formulir pendaftaran ke Kantor KPU Kota Bengkulu.

Dengan jumlah pendaftar yang cukup tinggi, maka dapat dipastikan bahwa ratusan pelamar tersebut tidak akan lulus seleksi hingga tahap akhir. KPU Kota sendiri mempunyai kuota PPK sebanyak 45 orang yang akan ditugaskan di 9 Kecamatan Kota Bengkulu.

"Data terakhir yang kami terima sudah ada 332 pelamar yang mengembalikan formulir pendaftaran. Nanti akan di verifikasi administrasi dan bagi yang lulus administrasi berhak mengikuti tahapan selanjutnya," kata Martawansyah kepada RMOLBengkulu, Kamis (23/01).

Masih kata Martawansyah, peserta yang dinyatakan lulus seleksi administrasi akan mengikuti tes tertulis. KPU Kota sendiri tidak akan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) dalam perekrutan PPK ini.

"Tesnya nanti tertulis, tidak menggunakan sistem CAT," jelasnya.

Dirinya menambahkan, bahwa dari ratusan peserta yang mengikuti tes tertulis, hanya diambil 90 orang yang berhak lanjut ke tahap wawancara. Itu artinya, dapat dipastikan ratusan pelamar akan gugur pada tahap tes tertulis.

"Nanti akan di rangking, peringkat 1 hingga 10 pada tiap kecamatan. Artinya 90 orang yang akan lanjut ke tahap wawancara dan di tahap wawancara ini kembali akan gugur setengahnya karena kuota PPK kita hanya 45 orang," tutupnya. [tmc]

Komentar Pembaca