Proyek Hotmix Rp 5,5 Miliar Terkesan Asal Jadi

Daerah  KAMIS, 23 JANUARI 2020 , 00:49:00 WIB | LAPORAN: SANDRI

Proyek Hotmix Rp 5,5 Miliar Terkesan Asal Jadi

Saat Komisi lll di lokasi proyek/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Pembangunan ruas jalan tambahan di dusun Selipi Kecamatan Pino Raya Kabupaten Bengkulu Selatan (BS), dinilai asal jadi, padahal anggaran yang diplotkan dari APBD 2019 sebesar Rp 5,5 Miliar.

Hal itu ditemukan oleh Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) saat meninjau pelaksanaan proyek sepanjang 1,5 kilometer, Rabu (23/1) siang.

"Kita sangat menyayangkan, ini kan jalan buntu, hanya akses ke perkebunan saja. Sedangkan, masyarakat hanya ada beberapa saja yang memiliki kebun sawit di daerah sini. Saya kira belum terlalu prioritas untuk dibuat jalan hotmix,” kata Ketua Komisi III Holman kepada awak media saat sidak di proyek tersebut, Rabu (22/01).

"Terlebih lagi sebelumnya jalan tersebut sudah cukup bagus dengan kondisi yang sudah dilapen, sehingga masih sangat layak digunakan sebagai jalan perkebunan," sambungnya.

Di sisi lain, ia mengaku, masih banyak di daerah lain kondisi jalannya cukup memprihatinkan dan asas manfaatnya lebih banyak untuk kepentingan masyarakat yang belum dibangun oleh pemerintah.

"Kita sangat menyayangkan kalau pembangunan seperti ini, tidak berpihak untuk kepentingan masyarakat banyak. Anggaran hingga sebesar itu cuma membangun jalan sekitar 1,5 kilo meter ini," bebernya.

Menurutnya, pelaksanaan proyek tersebut merupakan bukti jika perencanaan pembangunan oleh Pemda BS, dalam hal ini dinas PUPR tidak matang. Pernyataan yang didengungkan setiap kali pembahasan program untuk memprioritaskan kepentingan masyarakat hal itu tidak sesuai dengan yang ada di lapangan.

"Ditahun-tahun berikutnya kami tidak ingin hal seperti ini terulang kembali. Untuk pembahasan anggaran nanti, kami akan melihat semua item dan lokasi proyek. Dengan begitu pengawasan akan berjalan, dan kepentingan skala prioritas untuk masyarakat benar-benar terwujud," pungkasnya. [tmc]

Komentar Pembaca
Negatif Corona, WNI Crew Kapal Diamond Princes Minta Dievakuasi
Gedung DPR Kebakaran

Gedung DPR Kebakaran

SENIN, 24 FEBRUARI 2020 , 13:55:07

30 Tahun MURI, Bakti Sosial ke Kampung Sumur

30 Tahun MURI, Bakti Sosial ke Kampung Sumur

SELASA, 11 FEBRUARI 2020 , 11:44:12

Bunga Kibut Tumbuh Diperkebunan Warga

Bunga Kibut Tumbuh Diperkebunan Warga

MINGGU, 23 FEBRUARI 2020 , 11:40:00