DPD RI Tantang KPU Dan Bawaslu Bengkulu Ciptakan Pilot Project

Nusantara  RABU, 22 JANUARI 2020 , 16:54:00 WIB | LAPORAN: TRI YULIANTI IMRAN

DPD RI Tantang KPU Dan Bawaslu Bengkulu Ciptakan Pilot Project

DPD RI saat kunker ke Bengkulu/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Di tahun 2020, DPD RI menginginkan Provinsi Bengkulu dapat menunjukkan indeks demokrasi pada Pilkada 2020 terbaik se-sumatera sekaligus se-indonesia.

Perwakilan DPD RI Dapil Aceh, Fachurl Razi mengatakan, berdasarkan data pemilu 2019, Provinsi Bengkulu menjadi salah satu Provinsi yang tingkat partisipasinnya cukup tinggi.

"Kita akan anggap Provinsi Bengkulu ini sangat serius pada pilkada serentak. Setelah pulang dari Bengkulu, kami dari komite satu akan menindaklanjuti hasil kunker ini," ujar Fachurl saat mengunjung Bengkulu belum lama ini.

Zenada disampaikan Wakil Ketua DPD RI, Sultan B Najmudin, bahwa Provinsi Bengkulu harus membuat pilot project di Pilkada 2020 ini.

"Misalnya demokrasi paling sehat, atau penyelenggaraan pilkada paling aman. Hal-hal seperti itu harus dicoba dan itulah harapan kita semua," ucap Sultan yang merupakan dapil Bengkulu.

Dirinya menyadari bahwa nama Bengkulu sempat tercoreng saat Pilkada sebelumnya. Namun, kejadian seperti itu menjadi pengalaman bagi semua pihak sekalipun Provinsi Bengkulu saatnya berbenah menjadi yang terbaik dalam ajang lima tahunan tersebut.

"Kita akan terus mengawasi dan memastikan semuanya sudah sesuai dengan SOP. Karena kita menjaga betul marwah demokrasi yang ada di Bengkulu. Kalau prosesnya baik pasti melahirkan output yang baik juga," tutup Sultan.

Diketahui, Provinsi Bengkulu akan menggelar pemilihan kepala daerah yang akan digelar di 8 kabupaten dan Provinsi Bengkulu pada September 2020 mendatang. [tmc]

Komentar Pembaca