Pilkada Lebong Mulai Panas, Baliho Kandidat Menjamur

Politik  RABU, 22 JANUARI 2020 , 16:18:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

Pilkada Lebong Mulai Panas, Baliho Kandidat Menjamur

Jefriyanto ditemui di ruang kerjanya, Rabu (22/1) siang/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Dinamika pergerakan politik di Kabupaten Lebong mulai memanas menjelang Pilkada 2020. Bahkan, baliho sejumlah kandidat mulai menyebar di beberapa titik.

Ketua Bawaslu Lebong, Jefriyanto mengatakan, pihaknya belum bisa melakukan penindakan. Sebab, saat ini proses Pilkada belum memasuki tahapan masa kampanye maupun pra kampanye.

Terlebih lagi, belum ada bakal calon dari partai belum memutuskan siapa yang bakal dicalonkan untuk bertarung dalam Pilkada mendatang.

"Spanduk-spanduk atau Baliho yang saat ini marak terpasang. Penindakan atas baliho sosialisasi orang perorangan tersebut baru bisa dilakukan setelah penetapan calon kepala daerah Pilkada 2020," ujarnya.

Dengan kata lain, kata Jef sapaan akrabnya, pemasangan baliho Pilkada tersebut belum dapat ditindak karena belum adanya pasangan calon yang ditetapkan KPU daerah. Dalam itu ada aturan tetang Alat Peraga Kampanye.

"Bawaslu belum dapat menindak karena memang undang- undang mengaturnya belum ada. Kecuali jika, sudah ditetapkan sebagai pasangan calon di Pilkada. Karena sudah jadi fenomena di seluruh daerah," jelasnya.

Meskipun ini belum memasuki tahapan pencalonan dari yang diusung partai, Bawaslu tetap akan profesional melakukan koordinasi dengan partainya agar Partai mengikuti aturan yang ada.

Ia mencontohkan jika ada kalimat mencuri start. Sebab baginya, mencuri start tersebut sangat sulit ditentukan karena Bawaslu belum tahu apakah bakal calon yang tertera di baliho itu merupakan calon yang akan diusung oleh partai tersebut pada Pilkada mendatang.

"Tetapi setidaknya Bawaslu sudah bisa memetakan yang mungkin akan terjadi khususnya yang saat ini sudah ada baliho," tuturnya. [tmc]



Komentar Pembaca
Negatif Corona, WNI Crew Kapal Diamond Princes Minta Dievakuasi
Gedung DPR Kebakaran

Gedung DPR Kebakaran

SENIN, 24 FEBRUARI 2020 , 13:55:07

30 Tahun MURI, Bakti Sosial ke Kampung Sumur

30 Tahun MURI, Bakti Sosial ke Kampung Sumur

SELASA, 11 FEBRUARI 2020 , 11:44:12

Bunga Kibut Tumbuh Diperkebunan Warga

Bunga Kibut Tumbuh Diperkebunan Warga

MINGGU, 23 FEBRUARI 2020 , 11:40:00