Luar Biasa, Sembilan Puskesmas Berstandar Permenkes

Daerah  RABU, 22 JANUARI 2020 , 04:30:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

Luar Biasa, Sembilan Puskesmas Berstandar Permenkes

Rachman/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Terobosan Dinas Kesehatan (Dinkes), untuk meningkatkan pelayanan patut diacungi jempol. Bagaimana tidak, sedikitnya sembilan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) yang ada di daerah itu, sudah berstandar Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes).

Kadis Kesehatan Lebong, Rachman mengatakan, ada empat Puskesmas yang dipersiapkan agar memenuhi persyaratan berdasarkan Permenkes Nomor 75 tahun 2014 tentang Puskesmas.

"Yang masih dipersiapkan Puskesmas Rimbo Pengadang, Semelako, Kota Baru, dan Kota Donok. Tapi tidak tahun ini," ujarnya, kemarin (21/1) siang.

Dia menjelaskan, dari sembilan Puskesmas berstandar Permenkes. Dua di antaranya, yaitu Puskesmas Limaupit dan Puskesmas Taba Atas, baru selesai dibangun tahun 2019 lalu melalui DAK.

Perbedaannya, Yakni seperti lokasi, bangunan, prasarana, peralatan kesehatan, ketanagaan, kefarmasian dan laboratorium serta memperhatikan aspek perijinan.

"Puskesmas Limaupit dan Taba Atas selesai. Sekarang lagi bersih-bersih. Keduanya puskesmas rawat jalan," jelasnya.

Menurutnya dengan dioperasikanya gedung baru ini, diharapkan akan mengurangi beban RSUD yang saat ini ruangan penampungan pasien terbatas.

"Diharapkan masyarakat dapat memanfaatkan pelayanan Puskesmas  dan RSUD merupakan rujukan seandainya penyakit yang perlu penanganan lebih lanjut," harapnya.

"Tahun depan mudah-mudahan empat puskesmas ini. Dengan harapan seluruh bangunan lama puskesmas di Lebong sudah sesuai standar Permenkes," demikian Rachman. [tmc]




Komentar Pembaca
Negatif Corona, WNI Crew Kapal Diamond Princes Minta Dievakuasi
Gedung DPR Kebakaran

Gedung DPR Kebakaran

SENIN, 24 FEBRUARI 2020 , 13:55:07

30 Tahun MURI, Bakti Sosial ke Kampung Sumur

30 Tahun MURI, Bakti Sosial ke Kampung Sumur

SELASA, 11 FEBRUARI 2020 , 11:44:12

Bunga Kibut Tumbuh Diperkebunan Warga

Bunga Kibut Tumbuh Diperkebunan Warga

MINGGU, 23 FEBRUARI 2020 , 11:40:00