Sistem Manual Sensus Penduduk 2020 Akan Dilakukan Juli Mendatang

Nusantara  SENIN, 20 JANUARI 2020 , 16:29:00 WIB | LAPORAN: TRI YULIANTI IMRAN

Sistem Manual Sensus Penduduk 2020  Akan Dilakukan Juli Mendatang

Kepala BPS Provinsi Bengkulu, Dyah Anugra /RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Tanggal 15 Februari sampai dengan 31 Maret 2020, Badan Pusat Statistik (BPS ) Provinsi Bengkulu akan melakukan kegiatan sensus penduduk bagi masyarakat Provinsi Bengkulu.

Kegiatan sensus ini dilakukan untuk mengupdate data-data masyarakat yang saat ini telah tercatat di administrasi penduduk, Dinas Kependudukan dan Pencatatan  Sipil (Dukcapil).

Dikatakan Kepala BPS Provinsi Bengkulu, Dyah Anugra Kuswardani, bahwa sistem sensus penduduk 2020 akan sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, salah satunya adalah dengan mengecek data diri dengan sistem online.
 
"Tanggal 15 februari sampai 31 maret 2020  akan dilakukan sensus penduduk  online yang artinya sebagai masyarakat kita mengupdate data-data diri melalui website sensus penduduk yakni, sensus.bps.go.id," kata Dyah Anugra, Senin (20/1) kepada RMOLBengkulu.

Dari tampilan web sensus penduduk tersebut, data-data yang ditampilkan adalah data adminduk dengan posisi semester 1 tahun 2019.

"Kalau datanya ada di dukcapil maka nanti akan muncul  data per kartu  keluarga," sambungnya.

Untuk meningkatkan respon sensus penduduk 2020, kata Dyah. Pihak BPS berencana untuk mendatangi setiap OPD dan instansi-instansi lainnya agar setiap pegawai bisa  100 persen melakukan sensus penduduk secara online.

"Hal tersebut dilakukan supaya lebih menghemat waktu dan akurasi data bagusnya dilakukan secara online," tambah Dyah.

Namun, bagi masyarakat yang tidak melakukan secara online akan tetap bisa mengupdate data kependudukan dengan di bantu oleh petugas sensu penduduk 2020.

"Bagi yang tidak mengerti cara online nanti akan tetap melakukan pembaharuan data-data yaitu pada bulan juli, yang mana petugas sensus nantinya  akan melakukan door to door kerumah warga
Sedikit berbeda dari sensus penduduk yang tahun sebelumnya karena data ini juga berdasarkan dukcapil," tutup Dyah. [ogi]


Komentar Pembaca
China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

SABTU, 04 APRIL 2020 , 07:39:00

Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

SABTU, 04 APRIL 2020 , 17:43:00