Dewan Dukung Penuh Pemkot Kelola Wisata Pantai Panjang

Daerah  MINGGU, 19 JANUARI 2020 , 15:29:00 WIB | LAPORAN: AJI FAISAL

Dewan Dukung Penuh Pemkot Kelola Wisata Pantai Panjang

Ketua Komisi II DPRD Kota, Indra Sukma/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bengkulu mendukung penuh Pemerintah Kota (Pemkot) untuk mengambil alih pengelolaan wisata Pantai Panjang. Ketua komisi II DPRD Kota, Indra Sukma mengatakan bahwa dengan pengelolaan yang baik, wisata Pantai Panjang akan banyak mendatangkan keuntungan bagi daerah.

Menurutnya memang sudah waktunya wisata potensial seperti Pantai Panjang mendapat sentuhan dari Pemkot. Jika dikelola dengan baik, pendapatan asli daerah (PAD) dari wisata tersebut tentu akan meningkat.

"Pada dasarnya kami mendukung Pemkot mengambil alih pengelolaan Pantai Panjang ini. Tentu ini langkah yang sangat baik untuk meningkatkan PAD dari sektor pariwisata," kata Indra Sukma kepada RMOLBengkulu, Minggu (19/01).

Dirinya menyebut bahwa selain Pantai Panjang, wisata Taman Remaja juga seharusnya diambil alih oleh Pemkot. Taman Remaja yang dulu dikenal sebagai salah satu ikon wisata di Kota Bengkulu, sekarang menjadi taman tak berpenghuni karena dibiarkan terbengkalai.

"Bukan hanya Pantai Panjang, seharusnya wisata Taman Remaja juga mesti dikelola oleh Pemkot. Jangan kita biarkan aset daerah ini terkesan terbengkalai dan tak termanfaatkan," tambahnya.

Selama ini komisi II DPRD Kota memang menaruh perhatian cukup besar terhadap pariwisata Kota Bengkulu. Bermitra dengan Dinas Pariwisata, dewan kota tercatat sudah beberapa kali menjalin komunikasi dengan dewan provinsi untuk mengusulkan agar hak kelola Pantai Panjang dan Taman Remaja dikelola oleh Pemkot.

Seperti diketahui belum lama ini Wakil Walikota Bengkulu, Dedi Wahyudi mengaku bahwa Pemkot akan segera mengambil alih pengelolaan wisata Pantai Panjang. Selain mulai memasang lampu penerangan jalan umum (LPJU), Pemkot juga mulai membersihkan tumpukan-tumpukan sampah yang selama ini menganggu kebersihan lokasi pantai.

"Setelah melalui berbagai pertimbangan akhirnya Pemkot memutuskan untuk mengambil alih pengelolaan Pantai Panjang," kata Dedi. [ogi]


Komentar Pembaca