Eks Anggota Parpol Bisa Daftar Jadi PPK, Ini Syaratnya

Politik  SABTU, 18 JANUARI 2020 , 07:57:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

Eks Anggota Parpol Bisa Daftar Jadi PPK, Ini Syaratnya

Screenshoot pengumuman/Ist

RMOLBengkulu. Rekrutmen Panitia Pemilihan Umum Kecamatan (PPK) mulai dibuka pada Rabu (15/1) lalu. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lebong menyatakan, bagi warga yang merupakan eks (bekas) anggota partai politik (parpol) diperbolehkan mendaftar, asalkan memenuhi sejumlah persyaratan khusus.

Ketua KPU Kabupaten Lebong, Shalahuddin Al Khidhr melalui Sekretaris Hendrivan mengatakan, untuk mengawal Pilkada 2020 Lebong, yang akan berlangsung 23 September mendatang, KPU setempat membutuhkan 60 anggota PPK.

Eks anggota parpol diperbolehkan mendaftar jadi anggota PPK, asalkan sudah berhenti sama sekali dari aktivitasnya sebagai anggota parpol minimal lima tahun sebelumnya.

"Sesuai diatur dalam Peraturan KPU Nomor 3 tahun 2017, dinyatakan dengan surat pernyataan atau surat keterangan dari parpol bersangkutan," kata dia, dihubungi melalui telpon genggam, Jum'at (17/1).

Dia menjelaskan, selain dipahami sebagai sebuah regulasi, ada substansi yang bisa dipahami dari persyaratan offparpol minimal lima tahun tersebut, yaitu upaya ketat agar PPK menghindari tarikan politik dari peserta pemilihan.

"Menjadi seorang penyelenggara pemilu butuh integritas kuat," ucapnya.

Dia menambahkan, tahapan pengumuman rekrutmen akan dilakukan pada 15-17 Februari 2020. Pendaftaran dimulai 18-24 Februari 2020 di Kantor KPU Lebong, dan pelantikan dijadwalkan 28 Februari 2020.

PPK bertugas melakukan sosialisasi, mutarlih, koordinasi surat suara, koordinasi rekapitulasi, dan sebagainya di tingkat kecamatan.

Selain tak terafiliasi parpol tertentu, minimal lima tahun tadi, ada syarat lain berupa sejumlah berkas tertentu yang juga harus dipenuhi jika ingin mendaftar menjadi PPK.

Dia menuturkan, sosok yang paling dicari dalam memilih PPK adalah mereka yang memiliki kemandirian dan integritas tinggi.

"Kemandirian dan integritas sangat dibutuhkan lantaran nantinya PPK benar-benar akan bekerja keras," ungkapnya. [tmc]



Komentar Pembaca
Negatif Corona, WNI Crew Kapal Diamond Princes Minta Dievakuasi
Gedung DPR Kebakaran

Gedung DPR Kebakaran

SENIN, 24 FEBRUARI 2020 , 13:55:07

30 Tahun MURI, Bakti Sosial ke Kampung Sumur

30 Tahun MURI, Bakti Sosial ke Kampung Sumur

SELASA, 11 FEBRUARI 2020 , 11:44:12

Bunga Kibut Tumbuh Diperkebunan Warga

Bunga Kibut Tumbuh Diperkebunan Warga

MINGGU, 23 FEBRUARI 2020 , 11:40:00