Dikbud Mulai Verifikasi DNS Peserta UN 2020

Pendidikan  SABTU, 18 JANUARI 2020 , 07:48:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

Dikbud Mulai Verifikasi DNS Peserta UN 2020

Baheramsyah/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Dalam rangka menyonsong Ujian Nasional (UN) jenjang Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama (SMP), Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Lebong, mulai verifikasi Daftar Nominasi Peserta (DNS) peserta UN tahun 2020.

Kadis Dikbud Kabupaten Lebong, Guntur melalui Sekretaris Baheramsyah mengungkapkan, saat ini rangkaian persiapan UN 2020 sudah dimulai, seperti upload data calon peserta UN.

"Pemberian DNS  ke sekolah penyelenggara untuk diverifikasi kebenaran datanya seperti nama peserta dan tanggal lahir peserta itu penting sebelum UN," ujarnya, Jum'at (17/1) siang.

Dia mengingatkan, pihak sekolah untuk teliti dalam proses tersebut. Sebab, apabila terdapat kekeliruan dalam verifikasi maka dapat merugikan bagi peserta didik.

"Kalau ada kesalahan, maka nanti prosesnya jadi panjang. Seperti mengurus penerbitan surat keterangan kesalahan data pada ijazah/skhun yang bersangkutan," jelasnya.

Dia menuturkan, proses pembagian DNS menyasar ke 24 SMP dan 5 MTs yang dijadwalkan, Sabtu (18/1) besok di SMP Muhammadiyah.

"Ya, sambil menunggu juknis/juklak tentang rencana perubahan ujian nasional ke ujian sekolah. Proses pendataan calon peserta tetap kita jalani secara online melalui aplikasi  BIOUN pustekom kemdikbud," demikian Baheramsyah. [tmc]



Komentar Pembaca