Belum Kantongi SIK, Pasar Malam Di Lapangan Hatta Ditutup

Daerah  RABU, 15 JANUARI 2020 , 05:02:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

Belum Kantongi SIK, Pasar Malam Di Lapangan Hatta Ditutup

Polisi saat memasang garis polisi di Pasar Malam/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Empat hari atau sejak Sabtu (11/1) lalu, pengelola wahana permainan yang beroperasi di lapangan Hatta atau tepatnya di Desa Kampung Muara Aman, Kecamatan Lebong Utara, Kabupaten Lebong, akhirnya terhenti.

Pengelolaan yang lebih dikenal dengan pasar malam ini terhenti lantaran diduga tidak mengantongi Surat Izin Keramaian (SIK) dari kepolisian.

Pantauan di lokasi, penutupan itu ditandai dengan pemasangan garis polisi oleh tim Satuam Intelkam Polres Lebong yang dipimpin Kanit Intelkam, Aipda Sri Widodo, Selasa (14/1) kemarin sekitar pukul 13.05 WIB.

Kapolres Lebong, AKBP Ichsan Nur melalui Kabag Ops AKP Rafenil Yaumil Rahman didampingi Kasat Intelkam, AKP Ngatmin, membenarkan hal tersebut.

Menurutnya, selama beroperasi pihak pengelola wahana permainan itu sengaja tidak mengurus surat izinnya.

Melihat kondisi itu, pihaknya langsung bergerak cepat dan menindak tegas pasar malam tersebut dengan menutupnya.

"Penyelenggara harus memiliki izin berjenjang mulai dari kades, camat dan juga izin keramaian dari kepolisian. Artinya, harus mentaati seluruh ketentuan tentang legalitasnya,” ujarnya, kemarin (14/1) siang.

Dia menjelaskan, SIK baru akan segera dikeluarkan apabila persyaratan sudah lengkap dan pasar malam diperbolehkan kembali beroperasi.

Dirinya berharap dengan tindakan tegas ini akan membuat jera pengurus pasar malam, sebelum menggelar usahanya agar membuat izin ke pihak kepolisian.

"Kita juga akan menindak apabila pada ajang pasar malam terdapat arena perjudian bentuk apapun itu, agar generasi muda di Lebong tidak terjerumus pada hal-hal yang negatif,” harapnya. [tmc]



Komentar Pembaca