Serahkan LHP, Ini Catatan BPKP Untuk Pemkot Bengkulu

Pemerintah Kota Bengkulu  SELASA, 14 JANUARI 2020 , 18:51:00 WIB | LAPORAN: AJI FAISAL

Serahkan LHP, Ini Catatan BPKP Untuk Pemkot Bengkulu

Penyerahan LHP Oleh BPKP Kepada Walikota Bengkulu/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Badan Pemeriksa Keuangan Provinsi (BPKP) Bengkulu mengapresiasi kinerja Pemkot Bengkulu dalam pengelolaan aset yang ada. Namun, BPKP masih memberikan catatan agar pengelolaan aset Pemkot dapat lebih optimal.

Kepala BPKP Bengkulu, Aryo Seto mengungkapkan, bahwa sejauh ini pihaknya telah mengidentifikasi beberapa persoalan yang dihadapi Pemkot dalam sektor pengelolaan aset.

"BPKP telah melakukan identifikasi atas apa yang telah dilakukan oleh Pemkot Bengkulu ini. Sejauh ini memang sudah ada upaya untuk mengoptimalkan pendapatan daerah melalui aset," kata  Aryo usai menyerahkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Pemkot kepada Walikota Helmi Hasan, Selasa (14/01).

Dalam kesempatan tersebut, BPKP menyerahkan laporan hasil pemeriksaan (LHP) kinerja efektivitas  pemanfaatan aset daerah Pemkot Bengkulu tahun 2017 hingga semester 1 tahun 2019.

Dari LHP tersebut, BPKP memberikan catatan agar Pemkot Bengkulu dapat memaksimalkan potensi pasar tradisional, terutama Pasar Panorama untuk meningkatkan PAD. Menanggapi hal tersebut Walikota Helmi mengaku akan segera menindaklanjutinya.

Menurutnya, Pemkot saat ini memang sedang fokus melakukan pembenahan pasar agar tertata dengan rapi dan PAD meningkat.

"Persoalan pasar ini memang menjadi fokus pemerintah saat ini. Kita akan upayakan agar pasar-pasar di Kota Bengkulu ini tertata rapi, bersih, tidak ada lagi pedagang yang berjualan di badan jalan," ungkap Helmi.

Sementara itu, untuk mewujudkan itu semua membutuhkan kerjasama dari berbagai pihak. Eksekutif, legislatif maupun masyarakat harus satu visi agar tercipta suasana yang kondusif sehingga tujuan pun dapat tercapai.

"Soal PAD, ini memang sejalan antara Pemkot dan DPRD untuk meningkatkan pendapatan melalui pasar. Semoga tahun ini Perda yang mengatur itu bisa segera rampung," tutup Helmi. [tmc]

Komentar Pembaca
PDIP Datangi Dewas KPK

PDIP Datangi Dewas KPK

JUM'AT, 17 JANUARI 2020 , 00:48:00