Yudicial Review Ditolak MK, ASN Wajib Mundur Maju Pilkada

Politik  RABU, 08 JANUARI 2020 , 17:56:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

Yudicial Review Ditolak MK, ASN Wajib Mundur Maju Pilkada

Devi Irawan/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lebong menekankan kepatuhan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ingin maju mencalonkan diri sebagai Kepala Daerah pada 23 September 2020.

Komisioner Divisi Hukum KPU Kabupaten Lebong, Devi Irawan menegaskan, bagi Aparatur Sipil Negara (ASN), yang akan maju pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Lebong wajib mengundurkan diri usai ditetapkan sebagai calon.

Menyusul, Yudicial review yang diajukan  sudah ditolak Mahkamah Konstitusi (MK).

"ASN harus mengundurkan diri. Itu sudah keputusan. Kemarin ada yang mengajukan Yudicial review sudah ditolak Mk," kata Devi sapaan akrabnya, Rabu (8/1) siang.

Menurutnya, dengan keputusan tersebut. Penyelenggara tetap mengacu Undang-undang (UU) nomor 1 tahun 2015 sebagaimana diubah terakhir kali melalui UU Nomor 10 tahun 2016 tentang  Perubahan Kedua atas UU Nomor 1 tahun 2015  tentang Penetapan Peraturan Pemerintah  Pengganti UU Nomor 1 tahun 2014 Pemilihan Gubernur/Bupati/Walikota menjadi UU.

Dimana dalam pasal 7 ayat 2 huruf p sudah dijelaskan, secara tertulis pengunduran diri sebagai anggota TNI, Kepolisian Negara Republik Indonesia, dan Pegawai Negeri Sipil serta kepala desa atau sebutan lain sejak ditetapkan sebagai calon peserta pemilihan wajib mundur.

"Peraturan ini juga berlaku bagi calon yang menjabat di BUMN atau BUMD, dimana Pasal 7 ayat 2 huruf U dijelaskan, berhenti dari jabatan pada BUMN atau BUMD sejak ditetapkan sebagai calon," ucapnya.

Masih kata Devi, ia harus mundur disaat pendaftaran pasangan calon di KPU. "Artinya, kita mengacu pada aturan lama. Bagi ASN, TNI/Polri, DPRD, yang maju Pilkada baik melalui partai politik maupun jalur independen, wajib memundurkan diri," demikian Devi. [tmc]



Komentar Pembaca
China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

SABTU, 04 APRIL 2020 , 07:39:00

Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

SABTU, 04 APRIL 2020 , 17:43:00