Anggaran Rp 5,5 Miliar Bawaslu Rejang Lebong 'Selamat'

Daerah  SELASA, 07 JANUARI 2020 , 14:40:00 WIB | LAPORAN: RIZKI MARDANI

Anggaran Rp 5,5 Miliar Bawaslu Rejang Lebong 'Selamat'

Mahdi Husen/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Berdasarkan hasil verifikasi Gubernur, anggaran yang dialokasikan untuk Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Rejang Lebong 'selamat' alias tidak mendapat koreksi.

Artinya anggaran yang akan diberikan sesuai dengan angka yang disahkan dalam paripurna sebelumnya, yakni sebesar Rp 5,5 miliar.

"Untuk Bawaslu sudah Clear angkanya diposisi Rp 5,5 miliar, dari hasil evaluasi  Gubernur tidak ada mempertanyakan hal itu," kata Ketua DPRD Rejang Lebong, Mahdi Husen dikonfirmasi RMOLBengkulu, Selasa (7/1).

Dengan tidak adanya perubahan besaran anggaran tersebut dirinya menyampaikan agar Bawaslu menggunakan anggaran yang disediakan tersebut terlebih dahulu.

"Kita lihat sembari tahun berjalan nanti sejauh mana perkembangan dari Bawaslu, kalaulah memang waktu itu dibutuhkan, ya artinya  esktra kerja keras juga teman-temab di DPR, tapi Rp 5,5 miliar ini gunakanlah dahulu sejauh mana," sampainya.

Di sisi lain terkait hasil verifikasi Gubernur terhadap APBD 2020 sendiri dibeberkan dia tidak banyak terdapat koreksi, koreksi yang diberikan sifatnya normatif.

Seperti dana hibah yang ditekankan untuk lebih menyentuh masyarakat, kemudian diminta untuk persiapan dalam penanggulangan bencana yang mungkin terjadi.

"Untuk defisit yang terjadi sendiri tidak ada catatan dari Gubernur, karena prinsipnya kita, teman-teman panitia dianggaran sepakat, jika ada defisit yang cukup signifikan, diharapkan terutama bagi leading sektor yang mengelola PAD harus ditingkatkan," terangnya.

Terpisah, Ketua Bawaslu Rejang Lebong, Dodi Hendra Supiarso dikonfirmasi sebelumnya mengatakan, pihaknya sejauh ini sudah berkoordinasi dan masih menunggu petunjuk dari Bawaslu RI terkait anggaran tersebut.

"Terkait anggaran sudah kami laporkan ke Bawaslu RI, mungkin dalam waktu dekat kami akan mendapat petunjuk terkait langkah-langkah yang harus kami lakukan terkait proses penganggaran" ujarnya.

Sebagaimana diketahui sebelumnya, anggaran yang dialokasi Pemkab Rejang Lebong untuk Bawaslu dalam penandatangan NPHD sebelumnya sebesar Rp 9,5 miliar, namun dalam KUA-PPAS yang kemudian disahkan dalam paripurna sebelumnya hanya sebesar Rp 5,5 miliar. [tmc]

Komentar Pembaca