Dadang Mishal Kenalkan Gerga Lebong Ke Tingkat Nasional

Nusantara  JUM'AT, 03 JANUARI 2020 , 13:35:00 WIB | LAPORAN: AJI FAISAL

Dadang Mishal Kenalkan Gerga Lebong Ke Tingkat Nasional

Dadang Mishal Mengenalkan Gerga Lebong Kepada Para Politisi PDIP/Net

RMOLBengkulu. Provinsi Bengkulu mempunyai banyak potensi yang bisa dikembangkan menjadi penyumbang pendapatan asli daerah (PAD). Pertanian merupakan salah satu sektor potensial yang dimiliki oleh Provinsi Bengkulu. Misalnya, Bengkulu punya produk unggulan di bidang pertanian seperti jeruk Gerga Lebong.

Belum banyak yang tahu bahwa penghasil terbesar jeruk dengan rasa khas tersebut ada di Provinsi Bengkulu, tepatnya di Desa Rimbo Pengadang Kecamatan Rimbo Pengadang, Kabupaten Lebong.

Baru-baru ini seorang politisi Bengkulu yang juga menjabat sebagai Ketua Dewan Pertimbangan Daerah (DPD) PDIP Provinsi Bengkulu, Dadang Mishal membawa sekaligus mempromosikan Gerga Lebong ke tingkat nasional.

Hal itu ia lakukan sebagai bentuk rasa bangganya sebagai putra daerah Provinsi Bengkulu yang mempunyai komoditas unggulan yang dikenal ditingkat nasional.

"Jadi kemarin itu saya berkunjung ke Kabupaten Lebong dan membawa Jeruk Gerga. Lalu kemudian saya bawa ke Jakarta dan berikan kepada teman-teman politisi, termasuk Ketum PDIP, ibu Megawati," ungkapnya saat dihubungi RMOLBengkulu belum lama ini.

Menurutnya masih banyak lagi potensi yang bisa dikembangkan di Bengkulu. Selain mempunyai tanah yang subur, iklim pun sangat mendukung untuk mengembangkan potensi Gerga Lebong.

"Tanah di Provinsi Bengkulu ini subur, apapun yang kita tanam akan tumbuh. Gerga Lebong ini potensi yang sangat besar, pemerintah harus hadir untuk memfasilitasi para petani," tambahnya.

Menurut data yang diperoleh, produksi Gerga Lebong mencapai 2.130 ton per tahun. Dengan luas areal perkebunan seluas 142 Ha dengan rata-rata dalam 1 Hektar menghasilkan 15 ton per tahun.

Politisi PDIP yang digadang-gadang sebagai salah satu calon kuat untuk tampil dalam pemilihan gubernur (Pilgub) Bengkulu 2020 ini pun yakin jika masih banyak potensi Bengkulu yang belum tersentuh oleh pemerintah.

"Ini baru sedikit yang kita bahas, masih banyak lagi yang pemerintah perlu benahi. Salah satunya yaitu sektor pariwisata, ini potensi besar yang belum tentu dimiliki oleh daerah lain. Tapi saya lihat selama ini belum dimanfaatkan secara maksimal," tutupnya. [ogi]


Komentar Pembaca