Dua Jenis Pajak Ini Jadi Penyumbang Terbesar PAD 2019

Daerah  KAMIS, 26 DESEMBER 2019 , 08:08:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

Dua Jenis Pajak Ini Jadi Penyumbang Terbesar PAD 2019

Rudi Hartono/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Pajak penerangan jalan (PPJ) merupakan salah satu penyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD) paling besar di Kabupaten Lebong. Disusul Pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan Perkotaan Pedesaan (PBB-P2) urutan kedua.

Realisasi penerimaan per 31 November dengan capaian 84 persen atau Rp 2.615.190.645 dari realisasi pajak keseluruhan sebesar Rp 3,1 miliar.

Sedangkan, kontributor tertinggi kedua adalah PBB-P2. Dengan capaian 76 persen atau Rp 1.152.830.460 dari realisasi pajak keseluruhan sebesar Rp 1,5 miliar.

Kabid Pendapatan Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Lebong, Rudi Hartono mengatakan setoran pajak penerangan jalan tersebut merupakan pungutan atas penggunaan tenaga listrik yang berasal dari PLN maupun selain PLN.

"Angkanya bergerak dinamis karena masih ada sisa waktu. Tapi, per 31 November capaiannya begitu," ujar Rudi belum lama ini.

Dia menuturkan, melesatnya penerimaan dari sektor pajak penerangan jalan juga didasari karena pola pembayarannya yang langsung dibayar oleh wajib pajak saat menyetor tagihan listrik bulanan, sehingga langsung terdata.

Begitu pula dengan penerimaan dari sektor PBB-P2. Ia menjelaskan, bahwa serapan PAD tersebut, bersumber dari berbagai sektor pajak seperti pajak Hotel, Restoran, Hiburan, Reklame, Penerangan Jalan, Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) serta Pajak Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) dan lain-lain.

"Dua jenis pajak itu yang masih menjadi andalan kami untuk meningkatkan PAD. Setiap tahunnya selalu melebihi target penerimaannya," demikian Rudi. [tmc]



Komentar Pembaca