Ops Lilin Nala 2019 Polres Rejang Lebong Dirikan 4 Pospam

Daerah  JUM'AT, 13 DESEMBER 2019 , 19:35:00 WIB | LAPORAN: RIZKI MARDANI

Ops Lilin Nala 2019 Polres Rejang Lebong Dirikan 4 Pospam

Rakor Linsek pengamanan Natal dan Tahun Baru 2020/ RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Menyambut perayaan Natal dan Tahun Baru 2020, Polres Rejang Lebong bakal mendirikan 4 pos pengamanan (Pospam) di wilayah kota dan disepanjang jalur lintas.

Kapolres Rejang Lebong, AKBP Jeki Rahmat Mustika didampingi Kabag Ops. Akp Margopo mengatakan, 4 Pospam tersebut akan didirkan di 4 wilayah, meliputi di Pasar Bang Mego, Kecamatan Curup. Di jalan lintas Curup-Linggau yakni di Desa Tanjung Aur, Kecamatan Sindang Kelingi, Pos Kontainer, Kecamatan Binduriang dan Pospam di perbatasan dengan Kota Lubuklinggau.

"Pospam kita dirikan untuk mencegah tindak kriminalitas selama operasi Lilin Nala 2019 berlangsung," kata Kapolres usi menggelar rakor lintas sektoral dalam rangka kesiapan pengamanan Natala dan Tahun Baru 2019 di Aula Mapolres Rejang Lebong, Jumat (13/12).

Dengan Pospam itu menurut dia juga untuk menjamin keamanan para pengunjung dari luar yang akan berdarma wisata ke Rejang Lebong, sehingga pengunjung tidak merasa was-was atau tidak nyaman.

Masing-masing Pospam nantinya dijelaskan Kapolres akan dijaga oleg sebanyak 36 petugas gabungan, mulai dari anggita TNI-Polri, petugas kesehatan dari PMI, Dinas Kesehatan, Senkom hingga instansi terkait.

Selain mendirikan 4 Pospam, nantinya juga akan didirikan Pos Pelayanan (Posyan) di tiga lokasi wisata unggulan di Kabupaten Rejang Lebong yaitu di kawasan Danau Mas Harun Bastari (DMHB), kemudian di objek wisata Pemandian Suban Air Panas, di Kecamatan Curup Timur dan di kawasan TWA Bukit Kaba di Kecamatan Selupu Rejang.

Disisi lain Kapolres membeberkan, dalam operasi Lilin Nala 2019 nanti, personil gabungan yang akan diturunkan mencapai 350 orang, baik dari TNI, Polri hingga Stakeholder terkait.

Operasi Lilin Nala 2019 sendiri akan dilaksanakan terhitung sejak 23 Desember 2019 hingga 1 Januari 2020, dimana nantinya tempat peribadatan umat Kristiani takni gereja akan turut menjadi fokus pengamanan pihaknya.

"Pengamanan di gereja ini kita libatkan seluruh stakeholder yang ada TNI, Polri, Brimob. Kita akan lakukan deteksi dini, jangan sampai ada letupan-letupan kecil yang bisa berdampak sistemik nasional," tegasnya.

Disisi lain terkait dengan antisipasi terjadinya bencana alam, ditambahkan Kapolres, pihak turut melibatkan pihak BPBD, PMI dan stakeholder terkait, serta turut menyiagakan alat berat baik dari BPBD maupun alat berat milik Dinas Pekerjaan Umum. [ogi]

Komentar Pembaca
PDIP Datangi Dewas KPK

PDIP Datangi Dewas KPK

JUM'AT, 17 JANUARI 2020 , 00:48:00