Bahaya Virus Menular, RSUD Mukomuko Gelar Sosialisasi

Daerah  JUM'AT, 13 DESEMBER 2019 , 19:33:00 WIB | LAPORAN: RISNA JULIYANA HUTASOIT

Bahaya Virus Menular, RSUD Mukomuko Gelar Sosialisasi

RSUD Mukomuko Sosialisasi /RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. RSUD Kabupaten Mukomuko memberikan sosialisasi pengetahuan tentang penyakit yang sangat mematikan yakni HIV/AIDS (Human Immunodeficiency Virus) kepada para pasien yang sedang antri menunggu pelayanan. Sosialisasi bahaya penyakit ini dalam rangka peringatan hari Aids sedunia yang jatuh pada tanggal 1 Desember 2019 lalu.

Pemateri dalam sosialisasi ini yakni dr Ester Morina Silalahi, yang memberikan edukasi kepada masyarakat berkenaan dengan penyakit  HIV dan segala sesuatu tentang HIV/AIDS. Mulai dari virus HIV, cara penularan, gejala, pengobatan, dan cara pencegahannya. Materi tersebut diberikan dengan bahasa yang sederhana, sehingga mudah dimengerti.

Dijelaskan dokter Ester, bahwa kita tidak mengulas tentang bagaimana dan kapan penyakit ini mulai mewabah sebagai penyakit yang menakutkan dan mematikan, namun bagaimana kita berusaha mencegah agar jangan sampai penyakit ini berkembang semakin meluas.

"Virus ini menyerang sistem kekebalan tubuh. Virus ini melemahkan kemampuan tubuh dalam melawan infeksi dan penyakit. Sedangkan AIDS itu sendiri adalah Acquired Immune Deficiency Syndrome yaitu Sindroma yang dialami tubuh manusia karena hilangnya kekebalan dalam tubuh manusia untuk melawan penyakit yang disebabkan oleh Virus, sehingga tubuh tidak bisa memiliki kekebalan lagi terhadap masuknya virus penyakit," jelasnya.

"Selain itu transfusi darah, maupun kemungkinan-kemungkinan terbesar yang dapat menularkan virus tersebut dari satu orang ke orang lainnya," sambungnya. 

Ditambahkan Ester, bahwa banyak faktor penyebab seseorang terjangkit penyakit tersebut di kalangan masyarakat kita tidak dipungkiri bahwa stigma tersebut masih berkembang secara luas.

"Stigma negatif ini lah yang harus kita buang jauh-jauh, penderita HIV/AIDS adalah bagian dari kita semua sebagai sesama manusia," singkatnya. [tmc]

Komentar Pembaca
PDIP Datangi Dewas KPK

PDIP Datangi Dewas KPK

JUM'AT, 17 JANUARI 2020 , 00:48:00