Belasan Desa Ditargetkan Jadi Wilayah ODF Tahun 2020

Daerah  JUM'AT, 06 DESEMBER 2019 , 19:22:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

Belasan Desa Ditargetkan Jadi Wilayah ODF Tahun 2020

Deklarasi desa ODF/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lebong menargetkan belasan menjadi wilayah Open Defecation Free (ODF) atau bebas dari Buang Air Besar Sembarangan pada 2020 mendatang.

Kadis Kesehatan Kabupaten Lebong, Rachman didampingi Kasubbid Kesling dan Kesjaor, Musmarlinda mengatakan, saat ini upaya untuk meminimalisir hal tersebut gencar dilakukan.

Misalnya lewat kegiatan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM), sudah ada enam desa pada tahun 2019 ini berkomitmen menjadi wilayah ODF.

"Dua desa, yaitu Desa Sukarajo dan Sesa Kota Baru Santan sudah deklarasi menjadi desa ODF bulan November lalu. Sedangkan empat desa lagi, yakni Desa Talang Donok 1, Tabeak Lauk, Sukau Datang 1, dan Desa Tabeak Blau 2 akan menyusul," ujar Musmarlinda, Jum'at (6/12).

Menurut Musmarlinda, dari 104 desa-kelurahan di daerah itu, tahun 2020 mendatang ditargetkan 5 hingga 10 desa akan melakukan hal serupa.

Oleh karenanya, pelibatan aparat pemerintahan setempat sangat penting. Sedianya, terwujudnya target itu harus didukung dengan komitmen bersama seluruh pihak hingga ke lapisan bawah.

"Artinya, diharapkan seluruh kepala keluarga di Lebong harus memiliki akses terhadap jamban sehat dan tidak menyalurkan pembuangan kotorannya ke sungai atau hutan," jelasnya.

Lebih jauh, ia berharap adanya kolaborasi antara puskesmas, kader kesehatan, dan tokoh masyarakat setempat. Puncaknya, untuk mewujudkan lingkungan bersih.

"Kami akan usahakan semampu kami agar target ini segera terwujud. Dengan harapan kedepannya masyarakat terbiasa buang hajat di jamban, agar tercipta lingkungan yang bersih dan sehat," demikian Musmarlinda. [tmc]



Komentar Pembaca
PDIP Datangi Dewas KPK

PDIP Datangi Dewas KPK

JUM'AT, 17 JANUARI 2020 , 00:48:00