APBD 2020, Petani Jeruk Gerga Bakal Terima Fasilitas Produksi

Daerah  JUM'AT, 06 DESEMBER 2019 , 06:43:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

APBD 2020, Petani Jeruk Gerga Bakal Terima Fasilitas Produksi

Disperkan saat berbincang dengan para petani/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Para komunitas jeruk gerga di Kabupaten Lebong patut sedikit lega. Pasalnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong bakal memberikan fasilitas selama produksi melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Lebong tahun anggaran (TA) 2020.

Kadis Pertanian dan Perikanan Lebong, Emi Wati melalui Kabid Tanaman Pangan Hortikultura Sugiono mengatakan, bantuan ini berupa pupuk atau racun selama produksi.

"Tapi bantuan ini belum bisa mencakup seluruh petani jeruk yang ada karena terbatasnya anggaran," ujar Sugiono, usai menyambangi puluhan petani jeruk yang tergabung dalam Komunitas Rimau Gerga Lebong (RGL), belum lama ini.

Dia mengaku, belum tahu persis berapa anggaran yang disahkan dalam APBD 2020 kemarin. Namun, dipastikannya usulan bantuan bagi para petani jeruk gerga itu bakal disetujui.

Menurutnya, Kabupaten Lebong memiliki potensi jeruk yang melimpah. Terutama di Kelurahan Rimbo Pengadang, Kecamatan Rimbo Pengadang yang sudah dinobatkan sebagai daerah penghasil jeruk terbanyak di daerah itu.

"Kami tetap berupaya memberikan bantuan kepada para petani. Apakah itu melalui bantuan dari kementrian, provinsi maupun APBD. Karena harapan kami para petani tetap kompak dalam budidaya maupun pemasaran," tutupnya. [tmc]



Komentar Pembaca
PDIP Datangi Dewas KPK

PDIP Datangi Dewas KPK

JUM'AT, 17 JANUARI 2020 , 00:48:00