Angka Perceraian Di Kalangan ASN Meningkat

Daerah  RABU, 04 DESEMBER 2019 , 19:37:00 WIB | LAPORAN: RISNA JULIYANA HUTASOIT

Angka Perceraian Di Kalangan ASN Meningkat

Kabid Pengadaan dan Pembinaan ASN, Deftri Maulana/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Mukomuko menyebutkan ada belasan  Aparatur Sipil Negara (ASN) di Pemkab Mukomuko yang telah mengajukan izin cerai.

Hal itu disampaikan Kepala Bidang Pengadaan dan Pembinaan ASN BKPSDM Kabupaten Mukomuko, Deftri Maulana saat dikonfirmasi diruang kerjanya, Rabu (4/12).

"Sampai saat ini yang mengajukan izin cerai ke BKPSDM  ada 14 ASN. Dari jumlah tersebut 10 diantaranya sudah kita keluarkan surat izin cerai untuk dilanjutkan ke Pengadilan Agama. Sedangkan 4 ASN saat ini masih dalam proses pembinaan. Dan kemarin 1 ASN  lagi sudah mengajukan izin cerai lagi namun akan diproses pada awal tahun 2020 nanti," ungkapnya.

Menurut keterangan, alasan para ASN ini ingin mengakhiri hubungan rumah tangga bersama pasangannya tersebut lantaran dipicu berbagai macam alasan. Masing-masing faktor tidak cocok, alasan perekonomian dan faktor lainnya.

Dari data yang ada jumlah ASN yang mengajukan izin perceraian ini meningkat dibandingkan dengan tahun lalu.

"Kalau tahun ini jumlah ASN yang ingin bercerai naik dari tahun 2018 lalu. Kalau tahun lalu itu 12 ASN yang mengajukan cerai dan semuanya sudah dikeluarkan izin cerai. Untuk tahun ini 15 ASN," Ujar Deftri.

Deftri berharap agar 4 ASN yang masih dilakukan pembinaan ini bisa kembali seperti biasanya (rujuk,red) karena menurutnya perpisahan orang tua yang dirugikan itu anak-anak.

"Kalau kedua orang tua pisah jelas yang jadi korban itu anak anaknya," demikian Deftri. [tmc]

Komentar Pembaca