Penjaringan Berakhir, Dua Kandidat Berpeluang Borong Parpol?

Politik  SELASA, 03 DESEMBER 2019 , 19:05:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

Penjaringan Berakhir, Dua Kandidat Berpeluang Borong Parpol?

Ilustrasi Pilkada/Net

RMOLBengkulu. Penjaringan bakal calon kepala dan wakil kepala daerah oleh partai politik yang memiliki perwakilan di DPRD Lebong telah berakhir.

Data terhimpun, tercatat ada sepuluh parpol yang sudah mengantongi masing-masing balon bupati dan wabup Lebong dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Lebong tahun 2020 mendatang

Dimana dari sejumlah nama tersebut, hanya dua kandidat paling berpeluang borong rekomendasi delapan dari sepuluh partai politik di daerah itu. Keduanya adalah Ketua DPD PAN Lebong, Kopli Ansori, dan Ketua DPD Nasdem Lebong, Teguh Raharjo Eko Purwoto (REP).

Sebab, keduanya sama-sama terdaftar sebagai balon bupati di sejumlah parpol atau terbanyak untuk bertarung di ajang lima tahunan tersebut.

Seperti Kopli Ansori terdaftar di sembilan parpol, diantaranya PAN, PDIP, Golkar, Hanura, PBB, Gerindra, Demokrat, PKB, dan Perindo. Sedangkan, Teguh REP terdaftar di delapan parpol, yakni Nasdem, PDIP, Golkar, Hanura, PBB, Gerindra, Demokrat, dan PKB.

Lain halnya dengan mantan Bupati Lebong, Dalhadi Umar yang hanya terdaftar di 7 parpol, dan mantan Ketua DPRD Lebong Armansyah dan Kepala Cabang Pembantu Bank Bengkulu Tes, Yusal Vedo yang hanya terdaftar sebagai balon bupati di enam parpol.

Sedangkan, untuk kandidat paling berpeluang mendapatkan rekomendasi sebagai bakal calon wakil bupati adalah Wabup Lebong, Wawan Fernandez yang santer dikabarkan akan berpasangan dengan Kopli Ansori.

Begitu pula dengan adik ipar Bupati Lebong yang juga Kepala BKPSDM Lebong, Guntur yang dikabarkan akan mendampingi Dalhadi  Umar. Keduanya diketahui sama-sama sudah terdaftar di sejumlah parpol sebagai bakal calon wakil bupati.

Plt Ketua DPD Golkar Lebong, Lovi Irawan mengaku, ada enam kandidat yang terdaftar sebagai balonbup golkar, dimana dua diantaranya adalah Kopli Ansori dan Teguh REP.

"Hasilnya sudah dibawa ke provinsi untuk selanjutnya diteruskan ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar langsung," kata dia.

Kemana rekomendasi partai akan berlabuh, menurutnya tergantung keputusan DPP Golkar. "Untuk rekomendasi kita tunggu keputusan DPP," demikian Lovi.

Hal senada disampaikan Ketua DPC PKB Lebong Erlan Fajar Jaya, bahwa seluruh hasil penjaringan bakal calon kepala dan wakil kepala daerah sudah diserahkan ke DPP melalui DPW PKB Bengkulu.

"Kita menunggu pusat. Yang jelas, seluruh rekomendasi tergantung keputusan DPP PKB," singkatnya. [tmc]



Komentar Pembaca
PDIP Datangi Dewas KPK

PDIP Datangi Dewas KPK

JUM'AT, 17 JANUARI 2020 , 00:48:00