Spanduk Mulai Bertebaran, Satpol PP Siap Action

Daerah  SELASA, 03 DESEMBER 2019 , 06:53:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

Spanduk Mulai Bertebaran, Satpol PP Siap Action

Spanduk mulai bertebaran/RMOLBegkulu

RMOLBengkulu. Spanduk mulai marak di berbagai tempat di Kabupaten Lebong. Spanduk paling banyak adalah bakal calon potensial pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 mendatang.

Ini menjadi ujian bagi petugas Satuan Polisi (Satpol) Pamong Praja (PP) Kabupaten Lebong karena sebelum memasuki tahapan kampanye Pilkada, adalah tugas Satpol PP untuk menurunkan spanduk-spanduk yang tidak jelas tujuan pemasangan.

Seperti halnya spanduk milik sejumlah kandidat di sepanjang jalan utama di Kabupaten Lebong sehingga dengan sangat mudah dilihat para pengguna jalan.

Maraknya pemasangan spanduk tidak jelas peruntukannya itu menuai kritik dari masyarakat. Salah satunya seorang pengguna jalan, Rino.

Dia menyesalkan menjamurnya spanduk yang terkesan bernuansa politik. Menurut dia, keberadaan spanduk yang marak dipasang itu membuat kawasan Lebong menjadi terkesan kumuh.

"Kalau memang pemasangan spanduk itu menyalahi Perda ya seharusnya Satpol PP berani menurunkan,” tutur dia.

Dia memahami Lebong sedang menyambut pesta demokrasi lima tahunan. Tapi mestinya pendekatan politik yang dilakukan tetap dalam koridor yang sehat dan cerdas.

"Jangan ada pendekatan politik yang justru melanggar berbagai peraturan. Ini jelas mengganggu pemandangan para pengguna jalan,” urai dia.

Terpisah, Ketua Bawaslu Lebong, Jefriyanto menyatakan, Bawaslu belum bisa bertindak selama spanduk tersebut tidak bertuliskan ajakan memilih kandidat. Apalagi saat ini, kata dia, belum memasuki masa kampanye Pilkada. Spanduk menjadi kewenangan Satpol PP.

"Masa kampanye Pilkada pada 11 Juli 2020 hingga 19 September 2020. Jadi terkait pemasangan spanduk yang dipasang tidak sesuai ketentuan Perda tentu yang berwenang menertibkan Satpol PP selaku aparat penegak perda,” terang dia.

Kepala Satpol PP Kabupaten Lebong, Zainal Husni Toha melalui Kabid Ketertiban Umum, Andrian memastikan, akan segera menertibkan spanduk-spanduk tersebut.

"Untuk penertiban spanduk, menurutnya Satpol PP akan berkoordinasi dengan sejumlah pihak. Kita akan bergerak segera mungkin,” tutur dia. [tmc]



Komentar Pembaca