Dinilai Pilih Kasih Pecat Perangkat Desa, Enam Warga Datangi DPMD

Daerah  SENIN, 02 DESEMBER 2019 , 19:54:00 WIB | LAPORAN: RISNA JULIYANA HUTASOIT

Dinilai Pilih Kasih Pecat Perangkat Desa, Enam Warga Datangi DPMD

Warga Sari Bulan saat berada di kantor DPMD/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Sedikitnya tercatat enam warga Desa Sari Bulan Kecamatan Air Dikit mendatangi kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Mukomuko, Senin (2/12) pagi.

Kedatangan enam warga yang terdiri dari perangkat desa, Badan Permusyawaratan Desa (BPD), tokoh adat dan tokoh agama itu untuk menemui pejabat berwenang guna mempertanyakan kejelasan aturan tentang pemecatan dan pengangkatan perangkat desa.

Bukan tanpa alasan, buntut protes mereka lantaran wacana pemecatan Kepala Dusun (Kadus) 1 yang diklaim kades telah melampaui batas usia.

"Kami ingin mempertanyakan kejelasan aturan terkait pengangkatan dan pemecatan perangkat desa kepada orang DPMD," kata Ketua BPD Sari Bulan, Abusamah.

Sementara itu, Kadus 1 Desa Sari Bulan, Bustan mengaku telah dipanggil Kades setempat, Hermasyah terkait rencana pemecatannya tersebut. "Umur saya disebut melampaui batad," ungkap Bustam.

Ia menilai kebijakan itu terkesan pilih kasih. Sebab, ada dua orang perangkat desa lain yang usianya sama namun belum kunjung dipecat.

Masing-masing, Kasi Pelayanan, Arfan yang menginjak usia 48 tahun dan Kadus 3, Sali yang berusia 45 tahun.

"Saya minta keadilan, kalau memang melanggar aturan, ya seharusnya semua juga dipecat. Ini ditanya katanya, kasi pelayanan punya skill jadi bisa dimaklumi. Keadilan tidak ada kalau kayak gini," sampainya.

Pantauan di lokasi, saat mendatangi kantor DPMD, enam orang warga Desa Sari Bulan ini belum berhasil bertemu dengan pejabat berwenang, baik K
Kadis, sekretaris maupun Kabid Pemdes. [tmc]

Komentar Pembaca