Polres RL Gelar Rakor Linsek Pengamanan Pilkades 2020

Daerah  SENIN, 02 DESEMBER 2019 , 16:40:00 WIB | LAPORAN: RIZKI MARDANI

Polres RL Gelar Rakor Linsek Pengamanan Pilkades 2020

Rakor Linsek di Mapolres Rejang Lebong / RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Polres Rejang Lebbong menggelar rapat kordinasi (Rakor) lintas sektoral (Linsek) guna membahas kesiapan peksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak yang akan digelar pada 20 Februari 2020 mendatang.

"Walaupun judulnya Rakor Linsek, namun pada tahun 2020 nanti kita juga kan ada Pilkades, Pibup, dan Pilgub, tentunya kita undang stakholder terakit terutama dalam hal ini pihak keamanan, mulai dari TNI hingga Brimob," kata Kapolres Rejang Lebong, AKBP Jeki Rahmat Mustika usai membuka kegiatan Rakor Linsek di aula Polres Rejang Lebong, Senin (2/11).

Melalui Rakor Linsek bersama mulai dari TNI, Polri dan Pemerintah Daerah Rejang Lebong itu pihaknya bisa memetakan daerah-daerah mana saja yang membutuhkan pengamanan lebih, dalam pemetaan itu nantinya pihaknya akan turut melibatkan Stakeholder terkait.
"Nanti akan kita Mapping untuk menentukan pola pengamanan, nantinya ada tiga zona, yakni merah, zona kuning dan zona hijau, nanti kita akan tahu dimana zona-zona rawan," imbuhnya.

Setelah mengetahui zona-zona melalui pemetaan itu nanti, selanjutnya pihaknya akan melakukan upaya dini untuk mencegah atau meredam adanya potensi-potensi konflik yang bakal muncul.

"Intinya kita tingkatkan sinergisitas antara TNI, Polri dan Pemerintah Daerah, dengan sinergi yang kuat mudah-mudahan permsalahan yang dapat diselesaikan," pungkasnya.

Disisi lain, Komandan Kodim 0409 Rejang Lebong, Letkol Inf. Sigit Purwoko yang turut hadir menambahkan, melalui Rakor tersebut visi dan misi antara TNI, Polri dan Pemerintah Daerah bisa searah untuk mensukseskan pelaksanaan Pemilu, sehingga saat pelaksanaan semuanya dapat bersinergi.

"Semuanya sama, SOP nya disamakan sehingga nanti tidak ada kesalahan prosedur lah seperti itu," bebernya.

Sementara itu untuk personil yang akan diterjunkan untuk pengamanan Pilkades di 56 Desa di 14 Kecamatan nantinya menurut dia kekuatan Kodim saat sudah cukup, nantinya pihajnya akan turut menerjunkan anggota di masing-masing Koramil.

Berdasarkan pantauan, dalam kegiatan yang pesertanya terdiri dari perwakilan sejumlah dinas terkait dan camat tersebut turut dihadiri oleh Komandan Batalyon A Pelopor Brimob Polda Bengkulu, Kompol Hariyanto, Asisten I Pemkab Rejang Lebong, Pranoto Majid, dan Plt. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Achmed Chalid. [ogi]

Komentar Pembaca
PDIP Datangi Dewas KPK

PDIP Datangi Dewas KPK

JUM'AT, 17 JANUARI 2020 , 00:48:00

Pencarian Jasad Dugaan Pembunuhan Berlanjut

Pencarian Jasad Dugaan Pembunuhan Berlanjut

RABU, 22 JANUARI 2020 , 11:36:00