Musim Hujan Tiba, BPBD Warning Masyarakat Tanggap Bencana

Pemerintah Kota Bengkulu  JUM'AT, 29 NOVEMBER 2019 , 14:23:00 WIB | LAPORAN: AJI FAISAL

Musim Hujan Tiba, BPBD Warning Masyarakat Tanggap Bencana

Selupati, Kepala BPBD Kota/ RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Hujan lebat serta angin kencang saat ini mulai melanda beberapa daerah termasuk Kota Bengkulu. Kondisi cuaca yang mulai tidak menentu membuat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bengkulu mengingatkan kewaspadaan masyarakat setempat.

Kepala BPBD Kota Bengkulu, Selupati mengungkapkan, bencana baik itu banjir, gempa maupun longsor tidak bisa ditebak kapan akan datang. Oleh sebab itu, ia mengimbau agar warga selalu siap kapanpun bencana datang, dengan memperhatikan aspek-aspek keselamatan.

"Pada dasarnya bencana itu tidak bisa ditebak kapan datangnya, yang jelas kita sebagai masyarakat harus selalu siap kapanpun itu," jelasnya kepada RMOLBengkulu, Jum'at (29/11).

Dirinya juga membagikan beberapa tips untuk menjaga keselamatan ketika bencana gempa maupun banjir datang mendadak. Salah satunya, yaitu dengan tidak panik, kenali terlebih dahulu kemana lokasi yang paling tepat untuk mengamankan diri.

Selain itu hal yang tidak kalah penting yaitu tetap membiarkan kunci rumah dekat dengan jangkauan. "Kalau gempa atau banjir yang intensitasnya cukup besar biasanya listrik akan mati walaupun sebentar. Jadi sebaiknya kunci rumah tetap di pintu agar mudah diambil untuk menyelamatkan diri. Yang paling itu tidak boleh panik, misalnya kalau gempa bisa menjauhkan diri dari benda-benda yang berpotensi jatuh menimpa diri, jauhi tembok dan perabotan yang terbuat dari kaca," jelasnya.

Selain itu hujan dengan intensitas tinggi juga berimbas pada tumbangnya pohon. Untuk itu dirinya meminta masyarakat agar tidak berteduh di bawah pohon besar ketika hujan datang, lebih baik memilih tempat yang lebih akan seperti depan ruko, warung dan lain sebagainya.

"Kalau hujan deras kan biasanya ada saja pohon yang tumbang, jadi sebaiknya jangan berteduh dibawah pohon. Lebih baik cari tempat yang lebih aman," tutupnya. [tmc]

Komentar Pembaca
PDIP Datangi Dewas KPK

PDIP Datangi Dewas KPK

JUM'AT, 17 JANUARI 2020 , 00:48:00