Jeruk Gerga Jadi Komoditas Unggulan Rejang Lebong

Daerah  JUM'AT, 22 NOVEMBER 2019 , 17:46:00 WIB | LAPORAN: RIZKI MARDANI

Jeruk Gerga Jadi Komoditas Unggulan Rejang Lebong

Jeruk Gerga di Kecamatan Selupu Rejang / RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Jeruk gerga saat ini menjadi salah satu komoditas unggulan sektor pertanian di Kabupaten Rejang Lebong, meski status kepemilikan varietas daerahnya tengah diperdebatkan.

Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Holtikultura, Dinas Pertanian dan Perikanan Rejang Lebong, Ahmad Safriansyah mengakui jeruk gerga yang ditanam di daerah itu memang varietas asli Kabupaten Lebong, yakni varietas jeruk Rimau Gerga Lebong atau RGL.

"Jeruk gerga ini memang varietas asli Kabupaten Lebong, untuk itu saat Launching di Danau Mas kemarin kita tidak menyebutkan jeruk Gerga asli Rejang Lebong, namun jeruk Gerga yang ditanam di Rejang Lebong, jadi kita tidak berani mengklaim itu asli Rejang Lebong," kata Syafriansyah dikonfirmasi RMOLBengkulu, Jumat (22/11).

Jeruk gerga tersebut, menurut dia saat ini sudah banyak ditanam oleh kalangan petani yang tersebar di sejumlah kecamatan di Kabupaten Rejang Lebong dengan hasil produksi yang cukup baik.

Tak heran jika jeruk tersebut kemudian menjadi komoditas unggulan Kabupaten Rejang Lebong yang mampu menembus pangsa pasar nasional dan pasar ekspor.

Meski sudah banyak terdapat di Kabupaten Rejang Lebong dan menjadi komoditi unggulan, namun pihaknya tidak bisa memberikan nama tersendiri untuk jeruk tersebut, mengingat nama varietas jeruk itu sudah terdaftar resmi secara nasional.

"Jeruk ini sebenarnya sudah menasional, di Malang pun sudah ditanam, dimana-mana sudah ada jeruk gerga, namun tetap jeruk ini varietas asli Lebong," imbuhnya.

Disisi lain dia menambahkan, Pemkab Rejang selama cukup serius mengembangkan jeruk Gerga tersebut, bahkan pada tahun 2018 lalu terdapat 5 kecamatan yang ditetapkan dalam SK Bupati sebagai kawasan pengembangan jeruk Gerga.

"Lima kecamatan yang ditetapkan sebagai kawasan pengembangan jeruk Gerga, yakni Kecamatan Bermani Ulu, Kecamatan Bermani Ulu Raya, Sindang Dataran, Kecamatan Sindang Kelingi dan Kecamatan Selupu Rejang," terangnya.

Untuk diketahui, jeruk Gerga di Kabupaten Rejang Lebong selama ini sudah merambah pasar nasional dan bakal menempus pasar ekspor.
Direktur CV. Lukluk Agrobiz selaku Suplier jeruk gerga, Rico Romah Rio mengakui bahwa kualiatas jeruk yang diproduksi didaerah itu cukup bagus menandingi kualitas di daerah aslinya yakni dari Kabupaten Lebong.

Hasil produksi jeruk Gerga di Kabupaten Rejang Lebong kata dia, dalam waktu seminggu mampu tembus diangka 20 hingga 30 ton dari luas lahan sekitar 600 hektar. [tmc]

Komentar Pembaca
Negatif Corona, WNI Crew Kapal Diamond Princes Minta Dievakuasi
Gedung DPR Kebakaran

Gedung DPR Kebakaran

SENIN, 24 FEBRUARI 2020 , 13:55:07

30 Tahun MURI, Bakti Sosial ke Kampung Sumur

30 Tahun MURI, Bakti Sosial ke Kampung Sumur

SELASA, 11 FEBRUARI 2020 , 11:44:12

Bunga Kibut Tumbuh Diperkebunan Warga

Bunga Kibut Tumbuh Diperkebunan Warga

MINGGU, 23 FEBRUARI 2020 , 11:40:00