Aliran Kepercayaan Belum Ditemukan

Daerah  SELASA, 19 NOVEMBER 2019 , 19:17:00 WIB | LAPORAN: YOGI APRIZAL SUPRIANTO

Aliran Kepercayaan Belum Ditemukan

Rakor Pakem Benteng/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Pengawasan Aliran Kepercayaan Masyarakat (Pakem) di Hotel Tahura Benteng, Selasa (19/11).

Rakor tersebut dihadiri oleh Kepala Kemenag Benteng, H.Sipuan, Ketua MUI Benteng, Tarmizi, Kepala Kesbangpol Benteng, serta Kasat Intel Kejaksaan Negeri (Kejari) Bengkulu Utara serta undangan lainnya.

"Rakor ini untuk mengoptimalkan Peran Tim Pengawas Aliran Kepercayaan Masyarakat (Pakem) Dalam Meningkatkan Cegah dini terhadap ancaman, tantangan hambatan dan gangguan di Benteng," kata Kepala Kesbangpol Benteng, Eka Nurmaeni melalui Kabid, Pasaribu.

Sementara itu, Kepala Kemenag Benteng, H Sipuan mengatakan, sampai saat ini berdasarkan informasi yang ia dapatkan, di daerah itu belum ada aliran kepercayaan. Karena aliran kepercayaan tersebut didasari berdasarkan 10 kriteria.

"Berkenaan dengan aliran kepercayaan aliran keagamaan kalau itu dugaannya sesat kalau ada di 10 kriteria fatwa MUI itu baru bisa dikatakan aliran sesat, tapi kalau tidak masuk dalam 10 kategori itu sesuai dengan fatwa MUI maka kita tidak bisa mendokrin bahwa aliran kepercayaan itu sesat," jelas Sipuan.

"Yang saya tahu berdasarkan informasi dari, kepala KUA dan tokoh masyarakat, itu belum kita temukan di Benteng," demikian Sipuan. [tmc]

Komentar Pembaca
Korban Ledakan Monas

Korban Ledakan Monas

SELASA, 03 DESEMBER 2019 , 09:03:00

Anies Baswedan Bersama Pemuda Muhammadiyah

Anies Baswedan Bersama Pemuda Muhammadiyah

SABTU, 30 NOVEMBER 2019 , 09:46:00