Pemkab Andalkan Masyarakat Sukseskan Garden Flower Festival 2020

Daerah  SELASA, 19 NOVEMBER 2019 , 19:13:00 WIB | LAPORAN: RIZKI MARDANI

Pemkab Andalkan Masyarakat Sukseskan Garden Flower Festival 2020

Lokasi kebun bunga yang dikelola Dinas Pariwisata/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Hanya sebidang lahan di kawasan Danau Mas Harun Bastari (DMHB) yang dikelola Dinas Pariwisata Rejang Lebong untuk lokasi penanaman bunga menyambut event nasional Garden Flower 2020.

Lahan tersebut berada di tepi danau dengan posisi miring, dilahan tersebut nampak beberapa jenis bunga yang baru tumbuh diatas media plastik mulsa.

Kepala Dinas Pariwisata Rejang Lebong, Upik Zumratul Aini mengakui, jika taman bunga milik Pemkab Rejang Lebong yang dikelola pihaknya hanya ada satu bidang.

"Kalau taman bunga milik Pemerintah Rejang Lebong yang dikelola Dinas Pariwisata cuma satu," ujar Upik dikonfirmasi RMOLBengkulu.

Dalam event Garden Flower itu Pemkab Rejang Lebong mengandalkan peran serta masyarakat sekitar untuk turut serta menyemarakkan event yang bertajuk 1.000 bunga, serta turut mengandalkan taman bunga yang dikomersilkan masyarakat sekitar.

Menurut dia, Dinas Pariwisata sudah bekerjasama dengan Desa Karang Jaya, Desa Sumber Bening dan desa sekitar untuk menanam bungan disisi kiri kanan jalan dengan menggandeng Dinas Pertanian dan Perikanan.

"Inilah yang saya sebur Empowerment, memang masyarakat yang kita berdayakan, pariwisata ini sebagus apapun pemerintah masyarakatnya tidak berdaya ya tidak ada sama sekali," ujarnya.

"Saya rasa sudah cukup dari masyarakat, kebun-kebun bunga sudah bertaburan, sudah bermekaran dimana-mana, artinya ketika promosikan pariwisata melalui taman bunga, daerah Kecamatan Selupu Rejang ini sudah siap," imbuhnya.

Selain bekerjsama dengan desa sekitar, menurut Upik, di kawasan DMHB juga dibangun sarana penujang berupa Pergola yang saat ini belum selesai dibangun, Pergola itu nantinya akan terdapat bunga, yang diharapkan bunga tersebut nantinya diisi oleh Kelompok Wanita Tani (KWT) setempat, sehingga KWT maupun pengelola taman bunga lain dapat berjualan di Pergola tersebut.

Saat ini sendiri, Pra Event Garden Flower telah digelar Pemkab Rejang Lebong sejak 18 hingga 21 November 2019 besok, namun dalam gelarannya sarana dan prasarana penunjang belum seluruhnya siap.

Seperti sarana ibadah, toilet, kemudian rumah terapung dan air mancur yang belum difungsikan dan lainnya. "Pra event itukan coba-coba, kita mau tahu apa kekurangan, apa kelebihan kita nanti di hari H nya, seperti rumah terapung nanti akan kita fungsikan sebagai rumah kuliner," demikian Upik. [tmc]



Komentar Pembaca
Korban Ledakan Monas

Korban Ledakan Monas

SELASA, 03 DESEMBER 2019 , 09:03:00

Anies Baswedan Bersama Pemuda Muhammadiyah

Anies Baswedan Bersama Pemuda Muhammadiyah

SABTU, 30 NOVEMBER 2019 , 09:46:00