Festival Pesisir Pantai Panjang Masuk Even Wisata Nasional

Nusantara  MINGGU, 17 NOVEMBER 2019 , 09:01:00 WIB | LAPORAN: TRI YULIANTI IMRAN

Festival Pesisir Pantai Panjang Masuk Even Wisata Nasional

Festival pesisir pantai panjang Bengkulu/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Festival pesisir pantai panjang Bengkulu, resmi masuk dalam Top 100 Calender of Event (CoE) Wonderful Indonesia 2020. CoE 2020 ini diluncurkan dalam pembukaan Festival Pesisir Pantai Panjang Bengkulu, pada Sabtu (16/11) malam di Sport Center Bengkulu.

Ketua Panitia CoE Wonderful Indonesia 2020, Esti Reko Astuti mengungkapkan, bahwa CoE wajib menggunakan kriteria 3C (Cultural/Creative Values, Commercial dan Communication Values, dan CEO Commitment) dan dikurasi oleh para kurator professional di bidangnya.

Ratusan event pariwisata yang diusulkan daerah dari 34 provinsi di seluruh Indonesia kemudian dikurasi oleh Tim Kurator Kemenpar untuk ditetapkan sebagai 100 CoE Wonderful Indonesia 2020.

"Festival pesisir pantai panjang Bengkulu telah masuk dalam CoE Wonderful Indonesial 2020. Sebab, sudah memenuhi 3 kriteria, yakni culture, kreatif, dan commitment. Sehingga kegiatan ini masuk," katanya saat dalam sambutannya.

Sementara itu, Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah menuai pujian dari kalangan Kemenpar RI yang mana kegigihannya serta komitmennya dalam menggaungkan pariwisata yang ada di Bengkulu. Terutama dengan masuknya 3 event tahunan Bengkulu ke dalam kalender nasional.

Selanjutnya, Rohidin Mersyah mengatakan, bahwa CoE ini tujuannya adalah disamping menampilkan sisi budaya, dan hiburan diharapkan mendongkrak perekonomian di daerah itu.

"Maka sekarang sengaja saya dorong pelaku-pelaku UKM, pelaku industri kreatif, fashion, kuliner, itu tumbuh dan berkembang dengan baik. Itulah yang kita harapkan dan sebagai dampak dari setiap event ," kata Rohidin Mersyah , Sabtu (16/11) malam kemarin kepada RMOLBengkulu.

"Maka dari itu, nantinya perputaran ekonomi akan tumbuh dan berjalan dengan baik. Itu yang kita harapkan dampak dari semua event," sambungnya

Sementara, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu yang juga menjadi ketua panitia dalam festival pesisir pantai panjang Bengkulu melaporkan bahwa 100 pesona calender of event yang ada di Indonesia, 3 diantaranya berasal dari Provinsi Bengkulu.

"Adapun festival yang akan kita laksanakan pada tahun 2020 nanti telah masuk dalam top 100 calender of event. Diantaranya adalah festival bumi rafflesia, festival tabut dan festival pesisir pantai panjang Bengkulu," tutup Irsan Setiawan.

Diketahui, dalam pembukaan festival pesisir pantai panjang Bengkulu turut hadir Asisten Deputi Pendidikan dan Pelatihan Maritiman Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia, DPD RI, Wakil Gubernur Bengkulu, Kapolda Bengkulu beserta istri, DPRD Provinsi Bengkulu beserta unsur pimpinan, Bupati dan Walikota Se-Provinsi Bengkulu, serta Pimpinn Instansi Vertikal Provinsi Bengkulu. [tmc]



Festival Pesisir Pantai Panjang Masuk Even Wisata Nasional

Festival Pesisir Pantai Panjang Masuk Even Wisata Nasional

Festival Pesisir Pantai Panjang Masuk Even Wisata Nasional


Komentar Pembaca