Masih Ada Desa Nol Persen, Reward PBB P2 Dihapus

Daerah  SABTU, 16 NOVEMBER 2019 , 06:44:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

Masih Ada Desa Nol Persen, Reward PBB P2 Dihapus

Rudi Hartono/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Harapan Kepala Desa untuk mendapatkan tambahan bonus bagi desa pupus. Setelah Pemerintah Kabupaten Lebong menghapus pemberian reward bagi desa yang mampu melunasi pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan Perkotaan Pedesaan (PBB-P2)  tahun 2019 lebih awal.

Kabid Pendapatan Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Lebong, Rudi Hartono mengungkapkan, bahwa pemberian reward pelunasan PBB-P2 tahun 2019 ditiadakan, selain karena kondisi keuangan terbatas mengingat proses peningkatan PBB-P2 khususnya dari masyarakat juga masih rendah.

"Sebenarnya reward ini kan untuk memberi motivasi desa lain agar realisasi PBB-P2 cepat 100 persen. Tapi, setelah kita lihat ternyata tidak adanya peningkatan yang signifikan dari pelaksaan reward yang kita laksanakan sebelumnya," ujar Rudi, kemarin (15/11).

Dia menuturkan, dari 104 Desa dan Kelurahan di wilayah Lebong, masih ada realisasi PBB-P2 beberapa desa dan kelurahan masih nol persen. Padahal, jatuh tempo pembayaran tanggal 30 November 2019 mendatang.

"Tahun ini reward pelunasan PBB lebih awal tidak ada. Terakhir tahun 2015, 2016, dan 2017. Mudah-mudahan tahun depan kita laksanakan," ucapnya kepada RMOLBengkulu melalui pesan singkat.

Sementara itu, Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Perkumpulan Aparatur Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Lebong, Burhan Dahri mengutarakan, bahwa kades yang pernah mendapatkan reward pelunasan PBB, merasa kecewa dengan kebijakan penghapusan reward tersebut.

Sebab, selama ini reward PBB-P2 memotivasi percepatan laju pembangunan di desa. Harapannya, ungkap Burhan, reward pelunasan PBB-P2 tahun 2019 tetap dipertahankan, karena penghapusan reward pelunasan PBB dikhawatirkan akan berpengaruh pada pelunasan PBB-P2 tahun berikutnya.

"Banyak kepala desa yang pernah mendapat reward berharap reward pelunasan PBB P2 dipertahankan karena sudah terlanjur disosialisasikan," singkatnya. [tmc]



Komentar Pembaca
Korban Ledakan Monas

Korban Ledakan Monas

SELASA, 03 DESEMBER 2019 , 09:03:00

Anies Baswedan Bersama Pemuda Muhammadiyah

Anies Baswedan Bersama Pemuda Muhammadiyah

SABTU, 30 NOVEMBER 2019 , 09:46:00