Targetkan Tidak Ada Utang Tahun 2021

Daerah  SABTU, 16 NOVEMBER 2019 , 06:34:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

Targetkan Tidak Ada Utang Tahun 2021

Mustarani/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong memprediksi kembali terjadi tunda bayar tahun anggaran (TA) 2019 ini. Hal ini melihat realisasi pendapatan daerah di akhir tahun yang belum sesuai proyeksi yang direncanakan.

Bahkan, rencana kebijakan tunda bayar itu dituangkan dalam instruksi Bupati Lebong Nomor 1414 tahun 2019 tentang Langkah-Langkah Strategis Sebagai Persiapan Menghadapi Akhir Tahun Anggaran (TA) 2019.

Pembayaran LS3 kegiatan fisik akan dilakukan kebijakan tunda bayar, yaitu dibayar 50 persen sampai dengan 70 persen sesuai dengan kondisi keuangan daerah.

Namun demikian, Sekda Kabupaten Lebong, Mustarani berharap kebijakan tunda bayar tidak akan terjadi pada tahun anggaran (TA) 2021.

"Nah, tapi kalau bisa saya minta ini yang terakhir. Jangan sampai ada tunda bayar berulang. Kita tidak menginginkan adanya kebijakan tunda bayar tahun 2021 muncul," ujar Mustarani, kemarin (13/11).

Dia menjelaskan, Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TPAD) masih beranggapan semua pendapatan akan tercapai sesuai prediksi awal dalam tahun 2019 ini.

Sebaliknya, apabila tidak tercapai maka akan memang dilakukan tunda bayar yang sebagaimana akan dibebankan pada APBD 2020.

"Kan kita ada pilkada tahun depan, itu artinya kita kasih hutang dengan bupati baru. Itu saya tidak mau," jelasnya.

Dia tidak menapik, imbas lain dari defisit  ini adalah banyak pemangkasan anggaran OPD di ingkungan Pemkab Lebong.

"Walaupun sekarang mungkin agak sakit bagi OPD karena tidak sama seperti sebelumnya, tapi itu sudah jadi resiko. Ini yang jadi fokus kita, bagaimana kedepan tidak ada lagi tunda bayar. Kalau keuangan kita 200, maka segitulah yang akan kita belanjakan," demikian Mustarani. [tmc]




Komentar Pembaca
Korban Ledakan Monas

Korban Ledakan Monas

SELASA, 03 DESEMBER 2019 , 09:03:00