Rumah Adat Mukomuko Segera Dibangun

Daerah  RABU, 13 NOVEMBER 2019 , 18:57:00 WIB | LAPORAN: RISNA JULIYANA HUTASOIT

Rumah Adat Mukomuko Segera Dibangun

Choirul Huda/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Terkait pembangunan rumah adat Putri Beni Alam yang sebelumnya terletak di Lapangan Merdeka  Kelurahan Pasar Mukomuko, Kecamatan Kota Mukomuko pada tahun 2017 dibongkar oleh pemerintah daerah  digantikan dengan pembangunan taman bundaran.

Hingga saat ini rumah adat tersebut belum dibangun, dan sebelumnya sempat ramai dibicarakan oleh netizen di media sosial.

Bupati Mukomuko Choirul Huda ahkirnya buka suara, ia berencana akan membangun kembali rumah adat tersebut. Bupati akan mengundang seluruh lapisan masyarakat, kepala kaum, kepala adat, tokoh masyarakat untuk rembuk terkait pembangunan rumah adat tersebut.

Untuk merealisasikan hal ini Pemkab telah mengusulkan anggaran Rp 3 Miliar untuk APBD 2020 ke anggota DPRD Mukomuko.

Choirul Huda mengatakan bahwa Pemkab telah menganggarkan Rp. 3 Miliar di APBD 2020 yang saat ini sedang menunggu persetujuan legislatif untuk disahkan.

Di tahun 2020 ini pemda mengajukan anggarkan sekitar Rp 3 Miliar untuk pembangunan rumah adat Mukomuko. Rumah adat itu simbol kebanggaan kita. Saya yakin pihak legislatif juga sama-sama menginginkan itu, mudah-mudahan bisa kita maksimalkan. Dan kita akan ajak bicara semuanya, masyarakat dan tokoh adat. Bagaimana bentuk rumah adat kita,ā€¯jelasnya.

Meski demikian, Huda mengaku pihaknya belum memastikan dimana lokasi untuk didirikan rumah adat tersebut.

Kita cari tempat yang aman. Rencananya akan dibangun di dekat kantor Bupati. Itu keinginan kita," pungkasnya. [ogi]


Komentar Pembaca