Susun Komponen Cadangan Pertahanan, Menhan Akan Gandeng Pelajar Hingga Mahasiswa

Nusantara  SELASA, 12 NOVEMBER 2019 , 05:17:00 WIB | LAPORAN: OGI MANSYAH

Susun Komponen Cadangan Pertahanan, Menhan Akan Gandeng Pelajar Hingga Mahasiswa

Menhan Prabowo Subianto/RMOL

RMOLBengkulu. Sedikitnya ada tiga komponen penting untuk menunjang pertahanan militer Indonesia. Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengatakan, tiga komponen penting itu bisa diandalkan ketika ada ancaman militer terbuka.

"Pertahanan militer itu terdiri dari komponen utama, komponen cadangan dan komponen pendukung," kata Prabowo di ruang rapat Komisi I, Gedung Nusantara II, Kompleks DPR RI, Senayan, Senin (11/11).

Kemudian Prabowo juga menguraikan pertahanan non militer, yang nantinya menggandeng banyak peran dari kementerian lain dari luar bidang pertahanan.

Contoh, kita harus kerjasama dengan kementerian pendidikan untuk menyusun komponen cadangan pendidikan latihan perwira," imbuhnya.

Mantan Danjen Kopassus tersebut juga akan menyasar pelajar SMA dan SMP hingga perguruan tinggi dengan menggandeng kementerian pendidikam untuk menunjang komponen cadangan dalam bidang pertahanan.

Kalau lihat dari negara Amerika itu, perwira-perwira mereka dapatkan dari akademi militer mungkin 20 persen. 80persen adalah perwira cadangan dari universitas," tutupnya. dilansir RMOL.ID. [ogi]


                   



Komentar Pembaca